Peran Gerakan Pemuda Ansor Ambulu dalam Menangkal Radikalisme di Ambulu Jember

Lailiyah, Siti (2019) Peran Gerakan Pemuda Ansor Ambulu dalam Menangkal Radikalisme di Ambulu Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Lailiyah_T20151134.pdf

Download (1MB)

Abstract

Radikalisme merupakan gejala umum yang biasa terjadi dalam suatu masyarakat dengan motif beragam, baik sosial, politik budaya dan agama, yang ditandai oleh tindakan-tindakan keras, ekstrim, dan anarkis sebagai wujud penolakan terhadap gejala yang dihadapi. Sementara itu apabila radikalisme tetap ada dan senantiasa berkembang di Indonesia maka sejatinya negara kita sedang di hancurkan dengan cara perlahan oleh kaum radikal. Maka perlu adanya penolakan akan paham radikalisme ini, sebagaimana peran dari Gerakan Pemuda (GP) Ansor Ambulu dengan menggunakan teori gerakan sosial dari Coleman yakni teori rasional. Dimana teori ini menjelaskan bahwasannya dalam sebuah perlawanan penolakan yang dilaukan sekelompok orang demi sebuah perubahan yang baik, harus sesuai rasional dengan memanfaatkan sumberdaya yang dia miliki. Gerakan Pemuda Ansor Ambulu siap siaga untuk memberantas radikalisme di Ambulu, misalnya paham radikal Wahabi, yang menginginkan ajarannya bisa berkembang luas di Ambulu, adapun cara menyebarluaskan ajarannya mereka kaum wahabi berdakwah dibeberapa masjid yang berada di Ambulu serta mendirikan masjid, lembaga, pondok yang beralirah wahabi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui kegiatan Gerakan Pemuda Ansor Ambulu dalam menangkal radikalsime di Ambulu Jember (2) mengetahui hasil dari kegiatan Gerakan Pemuda Ansor Ambulu dalam menangkal radikalisme di Ambulu Jember (3) mengetahui apa saja tantangan yang dihadapi oleh Gerakan Pemuda Ansor Ambulu dalam menangkal radikalisme di Ambulu Jember. Pendekatan dalam penelitian ini ialah termasuk pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatid deskriptif (field research). Peneliti menentukan subyek dengan menggunakan metode purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumenter. Analisis Data dengan menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Milles Huberman dengan langkah-langkah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi tehnik dan triangulasi sumber. Berdasarkan penelitian dihasilkan kesimpulan (1) kegiatan yang dilakukan Gerakan Pemuda Ansor Ambulu dalam menangkal radikalsime di Ambulu ada dua jenis kegiatan yang dilakukan yaitu kegiatan keagamaan meliputi kegiatan dzikir dan sholawat Rijalul Ansor serta kegiatan sosial meliputi bersih masjid dan peduli & berbagi. (2) hasil dari kegiatan Gerakan Pemuda Ansor Ambulu dalam menangkal radikalisme adalah mendapat pengetahuan baru dan penggagalan pendirian masjid di Desa Andongsari yang beraliran wahabi pada tahun 2018. (3) tantangan yang dihadapi Gerakan Pemuda Ansor Ambulu dalam menangkal radikalisme di Ambulu adalah menegenai keanggotaan yang masih belum bisa seimbang antara kewajiban keluarga, pekerjaan dan organisasi, namun hal ini sudah bisa diatasi oleh oraganisasi Gerakan Pemuda Ansor Ambulu. Kata kunci: gerakan sosial, radikalisme, gerakan pemuda (GP) Ansor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:15
Last Modified: 27 Feb 2023 08:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19208

Actions (login required)

View Item View Item