Mukaromah, Siti Luluk (2019) Pelaksanaan Pembelajaran Fiqh Wanita Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insantama Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Siti Luluk Mukaromah_T20151217.pdf Download (8MB) |
Abstract
Sekolah Dasar Islam Terpadu Insantama Jember merupakan lembaga swasta yang melaksanakan pembelajaran keagamaan yakni Fiqh Wanita. Sekolah memiliki visi dan misi menciptakan sekolah yang bermutu tinggi dan unggul di Indonesia serta menyelenggarakan pendidikan dasar yang memadukan aspek pembentukan Syakhsiyyah Islamiyah, penguasaan tsaqofah Islam dan Ilmu kehidupan dalam suasana pendidikan yang religius serta dukungan oleh peran serta masyarakat salah satunya dengan memiliki progam pembelajaran Fiqh Wanita. Hal ini jarang ditemui di sekolah SDIT Insantama atau sekolah dasar sederajat. Fokus penelitian adalah : 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran fiqh wanita di SDIT Insantama Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran fiqh wanita di SDIT Insantama Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? 3) Bagaimana monitoring pembelajaran fiqh wanita di SDIT Insantama Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian adalah : 1) Mendeskripsikan perencanaan pelaksanaan pembelajaran fiqh wanita di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insantama Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran fiqh wanita di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insantama Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. 3) Mendeskripsikan monitoring pembelajaran fiqh wanita di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insantama Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian field research yakni penelitian lapangan. Penentuan subyek penelitian secara purposive. Teknik pengumpulan data yaitu : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan langkah-langkah yaitu : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Perencanaan pembelajaran fiqh wanita di SDIT Insantama Jember meliputi menentukan tujuan, menyusun kurikulum, dan menyusun silabus. 2) Pelaksanaan pembelajaran fiqh wanita di SDIT Insantama Jember yakni dengan 3 cara: Klasikal yakni siswa membentuk lingkaran berkelompok seperti halnya halaqah, guru menyampaikan materi dan siswa mendengarkan. Pengulangan yaitu guru mengulangi materi yang disampaikan, tidak cukup hanya dengan sekali penyampaian, dapat diulangi dipertemuan selanjutnya dengan materi yang sama. Peragaan maksudnya guru memperagakan materi yang disampaikan, jika isi materi ada yang perlu untuk diperagakan, misalnya gerakan shalat, wudhu’. 3) Monitoring oleh guru selalu dilaksanakan setiap saat. Sebagai bentuk evaluasi terhadap hasil pembelajaran siswa. Guru selalu memantau sikap anak didiknya dan memberikan respon, baik pembinaan maupun reward bahkan punishment apabila yang dilakukan anak didiknya tidak sesuai dengan yang diajarkan oleh sekolah. Tidak ada evaluasi tertulis. Untuk melihat sikap keseharian siswa saat disekolah terdapat buku agenda siswa sebagai penghubung antara siswa, wali siswa dan guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 08:15 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 08:15 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19209 |
Actions (login required)
View Item |