Munawarah, Sofiatul (2019) Model Pembelajaran Keagamaan di Pesantren Pelajar Islam Nurul Burhan Badean Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Sofiatul Munawarah_T20151058.pdf Download (16MB) |
Abstract
Model pembelajaran sebagai sarana untuk melaksanakan proses belajar mengajar guru dan peserta didik, sehingga keberadaan model pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar siswa dalam sekolah. Kegiatan keagamaan di Pesantren Pelajar Islam Nurul Burhan memiliki kekhususan atau ciri khas tertentu untuk membekali para santrinya yaitu dengan sebutan wadifah atau tanggung jawab. Terdapat 5 Wadifah yang diterapkan di Pesantren Pelajar Islam Nurul Burhan Badean Bondowoso yaitu tiada hari tanpa Al-Quran, tiada waktu tanpa sholat jama’ah, tiada waktu tanpa shalawat, tiada perilaku yang tidak diridhoi Allah, dan pola hidup bersih. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana model pembelajaran di Pondok Pelajar Islam Nurul Burhan Badean Kabupaten Bondowoso? 2) bagaimana pemrograman pembelajaran keagamaan di Pondok Pelajar Islam Nurul Burhan Badean Kabupaten Bondowoso? 3) bagaimana pelaksanaan keagamaan di Pondok Pelajar Islam Nurul Burhan Badean Kabupaten Bondowoso? Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan model pembelajaran di Pondok Pelajar Islam Nurul Burhan Badean Kabupaten Bondowoso. 2) untuk mendeskripsikan pemrograman pembelajaran keagamaan di Pondok Pelajar Islam Nurul Burhan Badean Kabupaten Bondowoso. 3) untuk mendeskripsikan pelaksanaan keagamaan di Pondok Pelajar Islam Nurul Burhan Badean Kabupaten Bondowoso. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskripstif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumenter. Sedangkan analisis data yang digunakaan adalah model pemikiran Miles and Huberman dengan teknik kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa 1) Model pembelajaran keagamaan yang diterapkan di Pesantren Pelajar Islam (PPI) Nurul Burhan menggunakan model pembelajaran interaksi sosial dan model modifikasi tingkah laku. 2) Pemrograman pembelajaran keagamaan yang diterapkan di Pesantren Pelajar Islam (PPI) Nurul Burhan menggunakan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam menerapkan kebiasaan 5 wadhifah untuk mencapai tujuan pesantren PPI Nurul Burhan. Metode pembelajaran yang ada di Pesantren Pelajar Islam (PPI) Nurul Burhan secara umum adalah metode wetonan atau bendongan, keteladanan, pembiasaan, mauidzah atau nasihat, ceramah dan praktik. Metode tersebut telah diterapkan dalam pembelajaran keagamaan di pesantren, sehingga PPI Nurul Burhan telah memperoleh banyak penghargaan diajang perlombaan diantaranya yaitu penghargaan BTTQ, penghargaan kebersihan terunggul di Bondowoso, penghargaan tim shalawat terbaik, serta penghargaan juara 3 PONIRAS (Pondok Pesantren Idol Safety) tingkat Jawa Timur. Secara lebih spesifik lagi dari pembiasaan-pembiasaan keagamaan yang dilakukan agar digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix mampu mewujudkan Pesantren Pelajar Islam Nurul Burhan semacam agen atau bagian dari tim suksesnya Rasulullah SAW. 3) Pembelajaran keagamaan yang ada di Pesantren Pelajar Islam (PPI) Nurul Burhan adalah 5 wadhifah santri meliputi: a) Tiada waktu tanpa jamaah, b) Tiada hari tanpa Al-Quran, c) Tiada hari tanpa sholawat, d) Tidak berperilaku yang tidak diridhoi Allah SWT e) Pola hidup bersih. Secara mudahnya Pesantren Pelajar Islam (PPI) Nurul Burhan menerapkan pembiasaan dalam ranah ibadah dan akhlaq yang banyak diterapkan di masyarakat. Semua pembiasaan-pembiasaan itu tercover dalam kegiatan pesantren yang teratur, terstruktur dan konsisten. Secara lebih spesifik lagi dari pembiasaanpembiasaan keagamaan yang dilakukan agar mampu mewujudkan Pesantren Pelajar Islam Nurul Burhan semacam agen atau bagian dari tim suksesnya Rasulullah SAW.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 08:16 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 08:16 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19218 |
Actions (login required)
View Item |