Fadilah, Yesi (2019) Penerapan Media Tajwid Putar dalam Pembelajaran Ilmu Tajwid di TPQ Ar-Risalah Klompangan Ajung Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Yesi Fadlilah_T20151156.pdf Download (4MB) |
Abstract
Belajar Al-Qur’an merupakan kewajiban yang paling utama bagi setiap Mu’min, begitu juga mengajarkannya. Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) merupakan lembaga non formal yang memiliki peranan besar dalam meningkatkan kemampuan menulis, memahami, mengamalkan dan membaca AlQur’an. Dalam mempelajari Al-Qur’an ilmu tajwid sangat perlu diajarkan kepada orang yang ingin membaca atau mempelajarinya. Sebab kesalahan satu huruf atau panjang-pendek dalam membaca Al-Qur’an dapat berakibat fatal, yakni perubahan arti. Mengingat pentingnya mempelajari Al-Qur’an yang didalamnya terdapat ilmu tajwid tajwid putar merupakan salah satu media pembelajaran yang menarik dan unik juga termasuk dalam kategori permainan edukatif. Di TPQ ArRisalah Klompangan Ajung Jember ini merupakan satu-satunya TPQ yang menerapkan penggunaan media tajwid putar yang bertujuan agar tidak menimbulkan kejenuhan pada santri khususnya dalam pembelajaran ilmu tajwid sehingga bisa mencapai tujuan pembelajaran yang di inginkan, maka penggunaan media ini dapat membantu santri lebih mudah untuk memahami hukum tajwid. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses pembelajaran ilmu tajwid dengan media tajwid putar di TPQ Ar-Risalah Klompangan Ajung Jember?, 2) Bagaimana minat belajar santri dalam pembelajaran ilmu tajwid dengan media tajwid putar di TPQ Ar-Risalah Klompangan Ajung Jember?, 3) Bagaimana prestasi belajar santri dalam pembelajaran ilmu tajwid dengan media tajwid putar di TPQ Ar-Risalah Klompangan Ajung Jember? Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif menggunakan penelitian lapangan. Penentuan informan menggunakan Purposive. Teknik pengumpulan data dalam skripsi ini adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dari data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan yaitu: 1) Proses pembelajaran ilmu tajwid dengan media tajwid putar di TPQ Ar-Risalah Klompangan Ajung Jember santri menggunakan unsur permainan yang membuat suasana belajar tidak membosankan, santri berperan aktif, dapat mendorong daya ingat santri akan materi tajwid dan mampu membaca Al-Qur’an dengan fashih. 2) Minat belajar santri dalam pembelajaran ilmu tajwid dengan media tajwid putar di TPQ ArRisalah Klompangan Ajung Jember yakni antusisme santri dan meningkatkan pula motivasi belajar. 3) prestasi tajwid santri di TPQ Ar-Risalah Klompangan Ajung Jember mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat pada nilai ulangan dan tes/munaqosah yang dimuat dalam buku rapor santri TPQ Ar-Risalah yang sudah mencapai KKM yang telah ditetapkan oleh pihak lembaga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 08:16 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 08:16 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19228 |
Actions (login required)
View Item |