Hidayatulloh, Muhammad Farid (2018) Analisis Mobile BRIS Dalam Memudahkan Transaksi Nasabah Di Bank BRI Syariah KC Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Muhammad Farid Hidayattulloh_083143097.pdf Download (3MB) |
Abstract
Mobile banking adalah suatu sistem layanan yang berfungsi untuk melakukan berbagai transaksi keuangan yang dapat diakses langsung oleh nasabah pengguna mobile banking melalui telepon seluler. M-Banking mempunyai fungsi yang hampir sama dengan ATM yaitu untuk melakukan cek saldo, transaksi keuangan, pembayaran aplikasi kredit dan sebagainya, namun tidak bisa untuk mengambil uang tunai. Teknologi saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat, terutama di bidang alat komunikasi smartphone. Dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat, kebutuhan akan smartphone sangatlah penting dan bisa dibilang menjadi kebutuhan primer. Dalam menyikapi kondisi seperti ini, dunia industri jasa perbankan di Indonesia harus pandaipandai menganalisis pasar dengan menggunakan smartphone sebagai salah satu alat transaksinya, dengan pertimbangan beberapa konsumen yang memiliki tingkat aktifitas tinggi akan lebih mudah bertransaksi tanpa harus mendatangi bank yang bersangkutan. Fokus penilitan dalam skripsi ini adalah 1) bagaimana penerapan mobile BRIS (M-BRIS) dalam memudahkan pelayanan transaksi nasabah di PT. Bank BRI Syariah KC Jember? 2) Bagaimana Hambatan-Hambatan Penerapan Mobile BRIS (M-BRIS) di Bank BRI Syariah KC Jember?. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan Mobile BRIS (M-BRIS) dalam memudahkan pelayanan transaksi nasabah di PT. Bank BRI Syariah KC Jember?, 2) Untuk Mengetahui Dan Mendeskripsikan Hambatan-Hambatan Penerapan Mobile BRIS (M-BRIS) Di Bank BRI Syariah KC Jember? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data data dilakukan secara interaktif yang terdiri dari yang terdiri dari tiga komponen yaitu: reduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) penerapan, dan pelaksanaan sesuai dengan kenyataan yang ada di lapangan terutama nasabah sangat terbantu dan terasa termudahakan nasabah dalam melakukan bertansaksi, selanjutnya prosedur dan persyaratan penggunaan layanan Mobile Banking sudah sesuai dengan tertera dibrosur dan diweb resmi Mobile Banking BRI Syariah, tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan di bandingkan dengan bank lain, hanya terletak pada fitur dan produk yang ditawarkan, menjunjung tinggi prinsib-prinsib syariah dan yang membedakan lagi terletak pada limit transaksi perhari. 2) Hambatan-Hambatan Penerapan Mobile BRIS (M-BRIS) di Bank BRI Syariah KC Jember adalah minimnya ilmu pengetahuan masyarakat tentang fasilitas Mobile Banking sehingga berpengaruh terhadap kurangnya minat nasabah dalam menggunakan fasilitas Mobile Banking kurangnya infrasuktur jaringan yang kurang luas sehingga berdampak pada masyarakat pedesaan, cyber crime menjadi alasan kenapa nasabah enggan menggunkan M-Banking
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 07:46 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 07:46 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19323 |
Actions (login required)
View Item |