Pengamalan Nilai-nilai Keislaman tentang Melestarikan Lingkungan di Gunung Mayang Dusun Mandigu Desa Suco Kecamatan Mumbulsari Tahun 2017

Syusanto, Elis Hariyanti (2017) Pengamalan Nilai-nilai Keislaman tentang Melestarikan Lingkungan di Gunung Mayang Dusun Mandigu Desa Suco Kecamatan Mumbulsari Tahun 2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Elis Hariyanti Syusanto_084 131 099.pdf

Download (4MB)

Abstract

Melestarikan lingkungan hidup adalah suatu upaya yang dilakukan dalam rangka memelihara semua makhluk hidup yang ada di alam semesta. Maraknya penebangan pohon sengon di Mandigu Suco sangatlah memprihatinkan. Maka diadakanlah berbagai program kegiatan yang bertujuan membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya melestarikan lingkungan. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana faktor penghambat pengamalan nilai-nilai keislaman tentang melestarikan lingkungan di Gunung Mayang Dusun Mandigu Desa Suco Kecamatan Mumbulsari tahun 2017. (2) Bagaimana faktor pendorong pengamalan nilai-nilai keislaman tentang melestarikan lingkungan di Gunung Mayang Dusun Mandigu Desa Suco Kecamatan Mumbulsari tahun 2017. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat pengamalan nilai-nilai keislaman tentang melestarikan lingkungan di Gunung Mayang Dusun Mandigu Desa Suco Kecamatan Mumbulsari tahun 2017. (2) Untuk mendeskripsikan faktor pendorong pengamalan nilai-nilai keislaman tentang melestarikan lingkungan di Gunung Mayang Dusun Mandigu Desa Suco Kecamatan Mumbulsari tahun 2017. Berkaitan dengan fokus masalah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian teknik analisa data yang digunakan adalah model analisis interaktif menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat dikemukakan kesimpulan, (1) faktor penghambat pengamalan nilai-nilai keislaman tentang melestarikan lingkungan di Gunung Mayang Dusun Mandigu Desa Suco Kecamatan Mumbulsari tahun 2017 yaitu faktor ekonomi masyarakat, faktor perilaku sosial masyarakat yang berawal dari ikutikutan hingga menjadi terbiasa, kurangnya/rendahnya pendidikan agana Islam tentang melestarikan lingkungan, terdapat oknum yang bekerja sama dengan pelaku penjarahan sengon. (2) Faktor pendorong pengamalan nilai-nilai keislaman tentang melestarikan lingkungan di Gunung Mayang Dusun Mandigu Desa Suco Kecamatan Mumbulsari tahun 2017 yaitu terdapat tokoh agama yang berperan mengarahkan dan menyadarkan masyarakat melalui pengajian umum maupun pengajian rutin di desa, terdapat pihak kepolisian yang berperan mengatasi masyarakat yang melakukan kerusakan lingkungan alam, serta ada kerjasama pihak perangkat desa dengan berbagai elemen seperti club vespa, TNI, dan sekolah untuk melakukan penghijauan di Gunung Mayang dan di jalanan pinggir desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:48
Last Modified: 02 Mar 2023 08:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19402

Actions (login required)

View Item View Item