Hasbiyah, Itsna Nuroh (2017) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMPN 5 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Itsna Nuroh Hasbiyah_084131029.pdf Download (4MB) |
Abstract
Figur seorang guru dalam dunia pendidikan selalu menjadi topik pembicaraan karena guru merupakan salah satu faktor pendidikan yang sangat penting, oleh karena itu guru mempunyai peran penting dalam proses pembelajaran. Guru sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal. Guru pendidikan agama Islam di sekolah yang berkaitan langsung dalam pencapaian tujuan pendidikan, khususnya pendidikan agama Islam di sekolah. Tugas guru dalam pembelajaran agama Islam meliputi menyampaikan materi, membimbing, melatih, memotivasi, memfasilitasi, dan mengevaluasi hasi lpembelajaran. Sehubungan dengan hal itu guru agama Islam dituntut untuk mempunyai upaya-upaya yang bagus demi peningkatan mutu pendidikan, namun seorang guru pasti mempunyai waktu yang relatif terbatas untuk membimbing peserta didik di sekolah. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMPN 5 Jember tahun pelajaran 2017/2018?. Sedangkan sub fokus penelitian adalah: 1) bagaimana strategi upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan mutu proses di SMPN 5 Jember?. 2) bagaimana pelaksanaan upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan mutu proses di SMPN 5 Jember?. Tujuan umum yang ingin dicapai dalam skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMPN 5 Jember tahun pelajaran 2017/2018. Sedangkan tujuan khusus dalam penelitian ini, yaitu: untuk mendeskripsikan strategi dan pelaksanaan upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan mutu proses di SMPN 5 Jember tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sedangkan dalam menentukan subyekpenelitian, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Metode atau cara yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan juga menggunakan analisa data. Selanjutnya dalam memeriksa tingkat keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Pertama strategi upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan mutu proses di SMPN 5 Jember tahun pelajaran 2017/2018 adalah, diantaranya: a) Penggunaan strategi pembelajaran aktif (active learning), b) Pendekatan secara individu antara guru dengan siswa, dan c) Program kegiatan keagamaan. Kedua, pelaksanaan upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan mutu proses di SMPN 5 Jember tahun pelajaran 2017/2018 adalah, diantaranya: a) Melaksanakan strategi pembelajaran aktif (active learning) dengan pembelajaran yang bervariasi, meliputi metode ceramah, metode praktikum dan simulasi, b) Melaksanakan pendekatan secara individu yang berorientasi kepada siswa, yaitu untuk memenuhi kebutuhan siswa dan c) Melaksanakan kegiatan keagamaan, yaitu sholat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah serta kegiatan baca tulis Al-Qur’an (BTA) yang terjadwal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 02 Mar 2023 08:50 |
Last Modified: | 02 Mar 2023 08:50 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19426 |
Actions (login required)
View Item |