Pembelajaran Matematika pada Anak Tunagrahita di SMPLB BCD YPAC Jember.

Rosanti, Maya (2019) Pembelajaran Matematika pada Anak Tunagrahita di SMPLB BCD YPAC Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Maya Rosanti_T20157044.pdf

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan fungsi dan tujuan pendidikan Nasional maka setiap masyarakat berhak mendapatkan pendidikan yang sama. Begitu pula para penyandang cacat. Perbedaan yang sangat menyolok antara anak normal dan berkebutuhan khusus menimbulkan problema tersendiri yang menuntut pengelolaan tersendiri pula dan sungguh-sungguh. Tanpa melalui sekolah, bagaimanapun baiknya potensi yang dimiliki seorang anak tidak mungkin dapat berkembang secara optimal. Salah satu yang termasuk klasifikasi anak berkebutuhan khusus adalah anak tunagrahita. Tunagrahita merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut anak yang mempunyai kemampuan intelektual di bawah rata-rata, kelainan mental, atau tingkah laku akibat kecerdasan yang terganggu. Matematika adalah mata pelajaran wajib yang diajarkan kepada semua siswa, baik normal maupun berkebutuhan khusus. Banyak anak normal yang beranggapan bahwa pembelajaran matematika dikenal sebagai pembelajaran yang sulit dipahami, bagaimana dengan anak berkebutuhan khusus? yang tentu memperoleh layanan lebih di dalam pembelajaran, tidak terkecuali pembelajaran matematika maupun layanan tambahan di luar pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini yaitu, mendeskripsikan pembelajaran matematika meliputi perencanaan pembelajaran. pelaksanaan pembelajaran sampai evaluasi pembelajaran matematika pada anak tunagrahita di SMPLB BCD YPAC Jember. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman melalui empat tahapan yaitu, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, pembelajaran matematika di SMPLB BCD YPAC Jember cukup baik. Perencanaan pembelajaran bedasarkan RPP Kurikulum 2013 tematik. Selain itu guru juga menyusun Rencana Pembelajaran Individual (RPI). Dalam pelaksanaan pembelajaran matematika, siswa tunagrahita harus dibimbing satu persatu, seperti halnya les privat, karena perbedaan antar individu pada anak tunagrahita sangat beragam. Sehingga dapat dikatakan bahwa pelayanan individual merupakan ciri atau jiwa dari pendidikan mereka, meskipun layanan yang bersifat klasikal dalam batas tertentu masih diperlukan. Bagi anak tunagrahita evaluasi yang dilakukan hampir sama seperti di sekolah reguler, ada ulangan harian, UTS, UAS tetapi tidak ada UN. Tidak sedikit anak tunagrahita yang mempunyai gangguan komunikasi verbal, ataupun tulisan, sehingga penilaian kadang kala dengan perbuatan atau komunikasi lisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:51
Last Modified: 02 Mar 2023 08:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19439

Actions (login required)

View Item View Item