Implementasi Manajemen Sarana Prasarana Pada Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama Islam Yosowilangun Lumajang

Shohib, Muhammad (2019) Implementasi Manajemen Sarana Prasarana Pada Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama Islam Yosowilangun Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Shohib_T20153041.pdf

Download (6MB)

Abstract

Sekolah Menengah Pertama Islam Yosowilangun Lumajang adalah salah satu sekolah menengah pertama swasta. Sekolah menengah pertama Islam Yosowilangun Lumajang adalah salah satu sekolah yang mempunyai sarana prasarana yang belum memadai. Ada beberapa sarana prasarana yang belum memenuhi standarisasi sarana prasarana, dan belum maksimal dalam pengelolaannya, misalnya laboratorium IPA, yang belum memenuhi stadar kelengkapannya, serta perpustakaan yang tidak diberdayakan secara maksimal. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi manajemen sarana prasarana pada perencanaan pembelajaran di SMP Islam Yosowilangun, Lumajang? 2) Bagaimana implementasi manajemen sarana prasarana pada pelaksanaan pembelajaran di SMP Islam Yosowilangun, Lumajang? 3) Bagaimana implementasi manajemen sarana prasarana pada evaluasi pembelajaran di SMP Islam Yosowilangun, Lumajang? Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi manajemen sarana prasarana pada perencanaan pembelajaran di SMP Islam Yosowilangun, Lumajang. 2) Untuk mendeskripsikan implementasi manajemen sarana prasarana pada pelaksanaan pembelajaran di SMP Islam Yosowilangun, Lumajang. 3) Untuk mendeskripsikan implementasi manajemen sarana prasarana pada evaluasi pembelajaran di SMP Islam Yosowilangun, Lumajang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif dan penentuan subyek dalam penelitian ini menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah model dekriptif kualitatif interaktif Miles and Huberman. Langkah-langkah analisis data yang digunakan adalah data condensation, data display dan conclusion drawing/verifying. Keabsahan datanya menggunakan metode triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Implementasi Manajemen sarana prasana pada perencanaan pembelajaran di SMP Islam Yosowilangun sudah memenuhi standart pelayanan minimal (SPM) namun belum sepenuhnya menunjang pembelajaran, dikarenakan bantuan untuk pengadaan sarpras dari pemerintah sangat minim terhadap sekolah swasta. 2) Implementasi manajemen sarana prasarana pada pelaksanaan pembelajaran di SMP Islam Yosowilangun, Lumajang. Dalam pelaksanaan pengadaan sarana prasarana di SMP Islam yosowilangun adalah dengan rapat dewan guru, stake holder, komite dan pengurus dalam rangka mencari solusi untuk pengadaan sarana prasarana. 3) Implementasi manjeman sarana prasarana pada evaluasi pembelajatan dilakukan dengan melaporkan hasil suatu program perencanaan dan pelaksanaan yang sudah ada ketentuan sebelumnya, jadi penanggungjawab harus mengikuti ketentuan tersebut. Laporan tersebut mempermudah kepala sekolah untuk pengambilan keputusan dalam evaluasi setiap perencanaan pengadaan sarpras

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:52
Last Modified: 02 Mar 2023 08:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19447

Actions (login required)

View Item View Item