Implementasi Kegiatan Darul Arqam dalam Meningkatkan Kepribadian Islam Siswa SMA Muhammadiyah 3 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017

Fauziyah, Nila (2017) Implementasi Kegiatan Darul Arqam dalam Meningkatkan Kepribadian Islam Siswa SMA Muhammadiyah 3 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nila Fauziyah_084 131 118.pdf

Download (5MB)

Abstract

Naiknya prosentase jumlah kenakalan remaja setiap tahun menunjukkan permasalahan remaja yang cukup kompleks. Hal ini tidak hanya disebabkan oleh satu perilaku menyimpang, tetapi akibat berbagai bentuk pelanggaran terhadap aturan agama, norma masyarakat atau tata tertib sekolah. Suatu keadaan yang jauh dari kata ideal, padahal ketika merujuk pada tujuan pendidian nasional salah satunya adalah menjadikan manusia memiliki kepribadian yang utuh. Fokus penelitian yang diteliti pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan kegiatan Darul Arqam dalam meningkatkan kepribadian Islam siswa SMA Muhammadiyah 3 Jember tahun pelajaran 2016/2017?; 2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan Darul Arqam dalam meningkatkan kepribadian Islam siswa SMA Muhammadiyah 3 Jember tahun pelajaran 2016/2017?; 3) Bagaimana evaluasi kegiatan Darul Arqam dalam meningkatkan kepribadian Islam siswa SMA Muhammadiyah 3 Jember tahun pelajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan kegiatan Darul Arqam dalam meningkatkan kepribadian Islam siswa SMA Muhammadiyah 3 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017; 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan Darul Arqam dalam meningkatkan kepribadian Islam siswa SMA Muhammadiyah 3 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017; 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi kegiatan Darul Arqam dalam meningkatkan kepribadian Islam siswa SMA Muhammadiyah 3 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah field research. Dengan subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga, yaitu: observasi wawancara, dan dokumenter. Sedangkan anlisis datanya menggunakan model analisis Miles dan Huberman yaitu Reduksi Data, Display Data, dan Kesimpulan. Serta keabsahan datanya menggunakan triangulasi yaitu: triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Perencanaan kegiatan Darul Arqam dalam meningkatkan kepribadian Islam siswa SMA Muhammadiyah 3 Jember tahun pelajaran 2016/2017 dilakukan setiap satu bulan sebelum kegiatan Darul Arqam dengan pembuatan proposal serta pembentukan panitia; 2) Pelaksanaan kegiatan Darul Arqam dalam meningkatkan kepribadian Islam siswa SMA Muhammadiyah 3 Jember tahun pelajaran 2016/2017 dengan pemberian teori berupa materi aqidah, materi Qur’an Hadist, materi tahsin tilawah, materi akhlaq, materi keorganisasian, materi ke-IPM-an, materi kemuhamadiyahan, dan tehnik persidangan. Dan juga materi praktek, dalam hal ini siswa di tuntut untuk dsiplin dan mengikuti akhlaknya Rasulullah, misalnya ketika masuk masjid, wudlu, menata shaff sholat, ketika makan dll. yang semua itu dibimbing oleh guru pendamping dan panitia pendamping; 3) Evaluasi kegiatan Darul Arqam dalam meninigkatkan kepribadian Islam siswa SMA Muhammadiyah 3 Jember tahun pelajaran 2016/2017 Ada dua jenis evaluasi yang dilakukan yaitu evaluasi kegiatan dan evaluasi pencapaian peserta.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:52
Last Modified: 02 Mar 2023 08:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19453

Actions (login required)

View Item View Item