Jamiyah, Nur (2017) Penyelenggaraan Program Pesantren dalam Institusi Sekolah di SMK Negeri Ihya’ Ulumuddin Padang Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Nur Jamiyah_ 084 111 017.pdf Download (24MB) |
Abstract
Pesantren adalah lembaga pendidikan keagamaan yang mempunyai fungsi ganda, yaitu lembaga pendidikan yang mampu mengembangkan pengetahuan dan penalaran, keterampilan dan kepribadian kelompok usia muda. Tujuan pendidikan di pesantren pada dasarnya mempersiapkan para santri agar menjadi manusia yang “akrom” dan “sholih”. Dalam pandangan masyarakat tentang pendidikan keagamaan, kurang diminati karena mereka memandang bahwa output yang dihasilkan oleh pendidikan yang berorientasi pada agama tidak dapat menjamin kehidupan masa depan. Sejalan dengan munculnya pembaharuan pendidikan di Indonesia, maka lembaga pendidikan keagamaan di tuntut untuk dapat mengimbanginya dengan memasukkan beberapa mata pelajaran umum sebagai mata pelajaran tambahan tanpa mengurangi intensitas pendidikan keagamaan itu sendiri. Adapun salah satu bentuk pembaharuan dalam bidang pendidikan yaitu penyelenggaraan pendidikan berbasis pesantren yang baru pertama kali diselenggarakan pada SMK Negeri Ihya’ Ulumuddin Padang Kecamatan Singojuruh Banyuwangi Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu bagaimana penyelenggaraan program pesantren dalam institusi sekolah di SMK Negeri Ihya’ Ulumuddin Padang Kecamatan Singojuruh Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penyelenggaraan program pesantren dalam institusi sekolah di SMK Negeri Ihya’ Ulumuddin Padang Kecamatan Singojuruh Banyuwangi Tahun pelajaran 2016/2017 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, dalam menentukan sumber data menggunakan purposive sampling. Untuk mengumpulkan data digunakan metode sebagai berikut : a) observasi, b) interview dan c) dokumenter. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan metode. Kesimpulan penelitian ini yaitu : (1) Penyelenggaraan program pesantren dalam institusi sekolah di SMK Negeri Ihya’ Ulumuddin Padang Kecamatan Singojuruh Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017 sangat variatif, dimana santri diajarkan khazanah ilmu tidak hanya satu batasan kelimuan tapi beberapa khazanah juga diajarkan, salah satunya ilmu Nahwu-Saraf, Ilmu Fiqih, Ilmu Tasawuf, termasuk ilmu kemasyarakatan.(2) Faktor pendukung penyelenggaraan program pesantren dalam institusi sekolah di SMK Negeri Ihya’ Ulumuddin Padang Kecamatan Singojuruh Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017 di antaranya faktor lingkungan keluarga, lingkungan institusional (sekolah), lingkungan masyarakat (pergaulan), dan dukungan pemerintah kabupaten dan (3) Faktor penghambat penyelenggaraan program pesantren dalam institusi sekolah di SMK Negeri Ihya’ Ulumuddin Padang Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017 terdiri dari guru yang kurang berkompeten, latar belakang siswa yang heterogin dan faktor lingkungan yang kurang mendukung
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 02 Mar 2023 08:52 |
Last Modified: | 02 Mar 2023 08:52 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19458 |
Actions (login required)
View Item |