Implementasi Program Muatan Lokal Baca Tulis AlQur’an di Sekolah Menengah Atas Negeri Plus Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Halimah, Siti Nur (2017) Implementasi Program Muatan Lokal Baca Tulis AlQur’an di Sekolah Menengah Atas Negeri Plus Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Nur Halimah_084 131 341.pdf

Download (31MB)

Abstract

Lembaga pendidikan merupakan salah satu wadah bagi anak untuk belajar memperoleh pengetahuan, mengembangkan kemampuan serta perubahan perilaku. Hal ini menuntut lembaga pendidikan yang berbasis Islam agar mampu mengembangkan kurikulum pendidikan Islamnya, baik melalui celah muatan lokal maupun dengan menambah waktu belajar. Dalam hal ini SMAN Plus Sukowono menerapkan program muatan lokal baca tulis Al-Qur’an yang dimasukkan dalam kegiatan intrakulikuler sekolah dan wajib diikuti oleh seluruh siswa. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah perencanaan program muatan lokal baca tulis Al-Qur’an di SMAN Plus Sukowono jember tahun pelajaran 2017/2018? 2) Bagaimanakah pelaksanaan program muatan lokal baca tulis Al-Qur’an di SMAN Plus Sukowono jember tahun pelajaran 2017/2018? 3) Bagaimanakah evaluasi program muatan lokal baca tulis Al-Qur’an di SMAN Plus Sukowono jember tahun pelajaran 2017/2018?. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program muatan lokal baca tulis Al-Qur’an di SMAN Plus Sukowono jember tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat kualitatif dengan jenis penelitian Fenomenologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumenter. Teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik atau metode. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Perencanaan program muatan lokal baca tulis Al-Qur’an dilakukan diawal tahun ajaran baru dengan diadakan rapat dibawah pengawasan kepala sekolah, perencanaannya berupa perangkat pembelajaran yaitu silabus dan RPP. 2) Pelaksanaan program muatan lokal baca tulis Al-Qur’an dilaksanakan setiap 1 minggu sekali dengan alokasi waktu 40 menit atau 1 jam pelajaran bagi masing-masing kelasnya. Kegiatan awal dalam proses belajar mengajar mulok BTA diantaranya: Salam, berdo’a Al-Fatihah, mengabsen, pretes, menyampaikan materi yang akan dipelajari. Kegiatan inti diantaranya: menulis, membaca, dan menunjukkan hukum tajwid dalam ayat AlQur’an. Kegiatan penutup diantaranya: rangkuman, penguatan, rencana pembelajaran selanjutnya, dan berdo’a senandung Al-Qur’an. 3) Evaluasi program muatan lokal baca tulis Al-Qur’an berupa tes, yaitu tes tulis berupa pemberian butir-butir soal dan tes unjuk kerja berupa hafalan ayat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:54
Last Modified: 02 Mar 2023 08:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19478

Actions (login required)

View Item View Item