Analisis Akuntansi Penyelesaian Kliring Debet di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember

Meika, Malindo Ibalia (2017) Analisis Akuntansi Penyelesaian Kliring Debet di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Malindo Ibalia Meika_083133002.pdf

Download (4MB)

Abstract

Bank Indonesia sebagai Bank Sentral selain bertugas sebagai penyalur uang, pengendalian jumlah uang yang beredar, pengendalian suku bunga dan kestabilan ekonomi negara, Bank Indonesia juga berperan peting dalam melayani perbankan dan masyarakat untuk mempercepat transaksi keuangan dan ekonominya. Kliring adalah salah satu pelayanan yang diberikan oleh Bank Indonesia untuk mempercepat pelunasan utang piutang antara perbankan, dimana masyarakat sendiri lebih mudah dalam bertransaksi untuk kegiatan ekonominya. Kliring sendiri di adakan oleh Bank Indonesia dimana jadwal, waktu dan tempatnya sudah ditentukan. Dalam proses kliring Bank Indonesia sebagai penyelenggara dan bank-bank umum sebagai pesertanya. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana proses penyerahan Kliring di Kantor Wilayah Bank Indonesia Jember ? 2) bagaimana proses penyelesaian Kliring di Kantor Wilayah Bank Indonesia Jember ? 3) bagaimana akuntansi penyelesaian kliring debet di Kantor Wilayah Bank Indonesia Jember ? Tujuan Penelitian adalah 1) untuk mengetahui proses penyerahan Kliring di Kantor Wilayah Bank Indonesia Jember. 2) untuk mengetahui proses penyelesaian Kliring di Kantor Wilayah Bank Indonesia Jember. 3) untuk mengetahui akuntansi penyelesaian kliring debet di Kantor Wilayah Bank Indonesia Jember. Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui observasi, interview, Dokumentasi dan kepustakaan. Peneliti memperoleh kesimpulan bahwa 1) dalam proses penyerahan kliring peserta harus mengisi daftar hadir dan melakukan tukar menukar warkat kepada masing-masing peserta yang ditujui untuk proses kliring berikutnya. 2) proses pengembalian kliring dilakukan pada jam 13.00-14.00 dimana masingmasing peserta harus hadir tepat waktu dalam kegiatan kliring, proses pengembalian ini masing-masing peserta melihat warkat yang telah diberikan oleh peserta lain dan dicocokan apakah sama warkat yang dibawa dan diterima, serta melihat apakah warkat yang diberikan dapat diproses atau mengalami gagal kliring. 3) dalam proses akuntansi penyelesaian untuk mengetahui menang atau kalah kliring, Bank Indonesia cukup memantau kegiatan kliring dari awal hingga akhir secara otomatis akuntansi dari masing-masing perbankan sudah muncul dilayar monitor Bank Indonesia. Kata kunci: Akuntansi, Kliring.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150199 Accounting, Auditing and Accountability not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Mar 2023 10:06
Last Modified: 03 Mar 2023 10:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19530

Actions (login required)

View Item View Item