Komparasi Pengelolaan Dana Tabungan Mudharabah Mutlaqah Dengan Wadiah Yad Dhamanah Di Bank Muamalat CabangJember.

Rahmadika, Ahadiani (2018) Komparasi Pengelolaan Dana Tabungan Mudharabah Mutlaqah Dengan Wadiah Yad Dhamanah Di Bank Muamalat CabangJember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahadiani Rahmadika_083133055.pdf

Download (21MB)

Abstract

Bank cenderung untuk menyalurkan dananya semaksimal mungkin guna memperoleh keuntungan yang maksimal pula. Pada perbankan syariah sumber dana terkumpul karena dibantu oleh jasa salah satunya yaitu tabungan wadiah dan tabungan mudharabah terutama pada Bank Muamalat Cabang Jember. Yang umumnya nasabah dapat mengambil dana tabungannya sewaktu-waktu dia mau. Sedangkan dana tabungan akan diputar kembali kepada nasabah yang membutuhkan dana.Semakin besar sumber dana yang terkumpul maka bank akan semakin besar pula dalam menyalurkan pembiayaan. Oleh karena itu pengelolaan dana dari kedua produk tersebut pasti berbeda. Dari latar belakang yang ada dalam skripsi ini fokus pada: a) Bagaimana Pengelolaan dana mudharabah mutlaqah di Bank Muamalat Cabang Jember?. b) Bagaimana pengelolaan dana wadi’ah yad dhamanah di Bank Muamalat Cabang Jember?. c)Bagaimana komparasi pengelolaan dana tabungan mudharabah mutlaqah dengan wadi’ah yad dhamanah di Bank Muamalat Cabang Jember? Tujuan dari penelitian ini: a) untuk mengetahui pengelolaan dana mudharabah mutlaqah di Bank Muamalat Cabang Jember b) Untuk mengetahuipengelolaan dana wadi’ah yad dhamanah di Bank Muamalat Cabang Jember. c) untuk mengetahui komparasi pengelolaan dana tabungan mudharabah mutlaqah dengan wadi’ah yad dhamanah di Bank Muamalat Cabang Jember. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: a) proses pengelolaan dana tabungan mudharabah mutlaqah yaitu menempatkan sebagai akad yang menjadi bagian dalam pelaksanaan untuk mensahkan proses transaksi sesuai kebutuhan produk yang di inginkan oleh nasabah. Untuk tabungan mudharabah yaitu ada tiga jenis tabungan yang nisbahnya berbeda-beda. Dan ini sudah menjadi ketentuan dari Bank Muamalat pusat.b)Pengelolaan dana tabungan wadiah tidak jauh beda dengan tabungan mudharabah karena sistem yang digunakan adalah sistem pooling yaitu dana yang ada pada semua produk tabungan dikumpulkan menjadi satu yang kemudian disalurkan kembali. Barang atau dana yang dititipkan oleh nasabah dijamin dikembalikan 100% oleh Bank Muamalat. Bonus yang diberikan oleh Bank Muamalat adalah tidak dapat ditentukan besarannya, dan ini sudah menjadi ketentuan Bank Syariah di seluruh Indonesia. c) Perbedaan mendasar dari tabungan mudharabah mutlaqah dan wadiah yad dhamanah terletak pada imbal hasil yang diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Mar 2023 09:44
Last Modified: 06 Mar 2023 09:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19542

Actions (login required)

View Item View Item