Penerapan Pegadaian Digital Service (PDS) Di PT Pegadaian (Persero) Cabang Jember Dalam Mempermudah Nasabah Bertransaksi

Wirawan, Amaliyah (2019) Penerapan Pegadaian Digital Service (PDS) Di PT Pegadaian (Persero) Cabang Jember Dalam Mempermudah Nasabah Bertransaksi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Amaliyah Wirawan_083 143 080.pdf

Download (32MB)

Abstract

Pegadaian Digital Service (PDS) merupakan salah satu layanan digital dari Pegadaian dalam bentuk aplikasi berbasis mobile, yang akan melayani nasabah dan calon nasabah yang ingin mendapatkan informasi produk pegadaian sekaligus dapat bertransaksi secara online. PDS ini dikembangkan untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah sekaligus mereka yang membutuhkan dana kecil, memperluas jangkauan nasabah barunya khususnya menggaet minat generasi muda dari kalangan milenial untuk dekat dengan produk-produk di pegadaian, dan bentuk apresiasi untuk menjaga loyalitas nasabah lamanya. Sekaligus untuk memberikan pelayanan cepat, efektif, dan efisien setara dengan pelayanan yang diberikan di outlet pegadaian konvensional, sehingga minat nasabah akan tinggi karena dipermudahnya mereka dalam bertransaksi. Dari latar belakang yang ada dalam skripsi ini fokus penelitiannya adalah : 1) Bagaimana penerapan Pegadaian Digital Service (PDS) di PT Pegadaian (Persero) Cabang Jember? 2) Sejauh mana dampak Pegadaian Digital Service (PDS) di PT Pegadaian (Persero) Cabang Jember terhadap kepuasan nasabah dalam bertransaksi? Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui : 1) Penerapan Pegadaian Digital Service (PDS) di PT Pegadaian (Persero) Cabang Jember. 2) Dampak Pegadaian Digital Service (PDS) di PT Pegadaian (Persero) Cabang Jember terhadap kepuasan nasabah dalam bertransaksi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Penerapan Pegadaian Digital Service (PDS) di PT Pegadaian (Persero) Cabang Jember, pihak Pegadaian telah menjawab tantangan zaman berteknologi 4.0 yakni dengan e-marketing, diwujudkan dengan peluncuran aplikasi ini, sudah terealisasi sekitar 60% meningkat selama satu tahun penerapan. Targetnya yakni menggaet generasi millenial. Fitur-fitur yang terdapat dalam PDS adalah transaksi emas, transaksi gadai, transaksi pembiayaan usaha, transaksi pembayaran&top up, dan transaksi logam mulia. 2) Dampak Pegadaian Digital Service (PDS) di PT Pegadaian (Persero) Cabang Jember terhadap kepuasan nasabah dalam bertransaksi, yakni dalam segi perilaku konsumen nya yang mengalami perubahan. Yang awalnya mereka harus datang ke outlet untuk transaksi, tetapi sekarang dipermudah dengan bertransaksi secara online yang bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Kata Kunci : Pegadaian, Pegadaian Digital Service (PDS), Transaksi, Nasabah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:24
Last Modified: 07 Mar 2023 07:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19619

Actions (login required)

View Item View Item