Relevansi Sistem Pendidikan Pondok Pesantren An-Nuriyah Rambipuji Jember di Era Modernisasi.

Lestari, Amanatika Puji (2015) Relevansi Sistem Pendidikan Pondok Pesantren An-Nuriyah Rambipuji Jember di Era Modernisasi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Amanatika Puji Lestari_084 101 105.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang memiliki keunggulan baik dari aspek tradisi keilmuannya maupun sisi transmisi dan intensitas umat Islam. Derasnya arus globalisasi telah mengancam eksistensi pesantren sehingga muncul gagasan modernisasi di lingkungan pesantren demi menjawab tantangan kebutuhan transformasi sosial. Akan tetapi banyak kalangan mengkhawatirkan tentang gagasan modernisasi pesantren yang berorientasi kekinian dapat mempengaruhi identitas dan fungsi pokok pesantren. Mengenai urgensi sistem pendidikan pesantren, peneliti menghadirkan penelitian tentang relevansi sistem pendidikan pondok pesantren di era modernisasi, terfokus pada: 1). Bagaimanakah sistem pendidikan Pondok Pesantren An-Nuriyah Rambipuji Jember di era modernisasi?; 2). Bagaimanakah dampak era modernisasi terhadap pendidikan Pondok Pesantren An-Nuriyah rambipuji Jember?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan sistem pendidikan Pondok Pesantren An-Nuriyah Rambipuji Jember di era modernisasi; 2). Mendeskripsikan dampak era modernisasi terhadap pendidikan Pondok Pesantren An-Nuriyah rambipuji Jember. Di dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data meliputi observasi, interview, dokumentasi dan kepustakaan dengan menggunakan purposive sampling dalam menentukan subyek penelitian dengan memakai metode analisis dan data model Miles and Huberman, sehingga dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama, Pondok Pesantren An-Nuriyah Rambipuji Jember menerapkan metode atau sistem pendidikan yang baru agar sesuai dengan mata pelajaran dan menyesuaikan metode dengan kemampuan peserta didik namun tidak meninggalkan budaya atau sistem metode pembelajaran yang lama seperti wetonan dan bandongan. Kedua, era modernisasi memberikan dampak yang cukup signifikan baik dampak positif maupun negatif terhadap prestasi, pola pikir dan tingkah laku santri Pondok Pesantren An-Nuriyah Rambipuji Jember. Ketiga, sistem pendidikan Pondok Pesantren An-Nuriyah Rambipuji Jember sangat relevan di era modernisasi karena tidak hanya menerapkan sistem pendidikan salafiyah (non formal) tetapi juga memiliki sistem pendidikan formal dan menggunakan metode-metode pembelajaran modern sehingga tetap mampu menghadapi tantangan zaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:24
Last Modified: 07 Mar 2023 07:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19620

Actions (login required)

View Item View Item