Studi Komparasi Konsep Pendidikan Islam menurut Fazlur Rahman dan Hasan Langgulung.

Faiqoh, ElokNur (2015) Studi Komparasi Konsep Pendidikan Islam menurut Fazlur Rahman dan Hasan Langgulung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ElokNur Faiqoh_084 111 335.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan ini, tidak ada kehidupan di dunia ini yang bisa terlepas dari pendidikan. Pendidikan Islam pada saat ini menghadapi banyak tantangan yang mengancam keberadaannya. Penulis berusaha menggali kembali pemikiran Fazlur Rahman dan Hasan Langgulung tentang pendidikan Islam dengan harapan konsep pendidikan Islam yang ditawarkan keduanyadapat menginspirasi elemen pendidikan Islamagar kemudian mampu menghadapi tantanganglobal dengan tetap mendasarkan pada nilai-nilai ajaran Islam. Fokus Kajian dalam skripi ini adalah: 1)Bagaimanakah konsep pendidikan Islam menurut Fazlur Rahman?2)Bagaimanakah konsep pendidikan Islam menurut Hasan Langgulung?3)Bagaimanakah komparasi konsep pendidikan Islam menurut Fazlur Rahman dan Hasan Langgulung? Tujuan penelitian ini adalah:1)Mendeskripsikan pemikiran Fazlur Rahman tentang konsep pendidikan Islam.2)Mendeskripsikan pemikiran Hasan Langgulung tentang konsep pendidikan Islam.3)Mendeskripsikan komparasi konsep pendidikan Islam dalam pemikiran Fazlur Rahman dan Hasan Langgulung. penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis library research, adapun sumber data mengunakan sumber primer dan sekunder, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, kemudian teknik analisis data menggunakanContent Analysis, selanjutnya metode yang digunakan metode komparasi, dan menggunakan triangulasi sumber untuk menguji keabsahan data. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1)Pendidikan Islam menurut Fazlur Rahman adalah suatu pertumbuhan atas pemikiran terhadap Islam yang asli, sedangkan tujuan pendidikan Islam harus diorentasikan kepada kehidupan dunia dan akhirat, kemudian materi dalam kurikulum yaitu berupa ilmu agama dan juga ilmu umum, selanjutnya metode pendidikan Islam itu menggunakan metode yang dapat menjadikan peserta didik kritis dan kreatif, dan evaluasi menurut Fazlur Rahman dengan berbasis kelas. 2) Pendidikan Islammenurut Hasan Langgulung adalah sebagai suatu proses penyiapan generasi muda dengan memindahkan pengetahuan dan nilai-nilai Islam, sedangkan tujuan pendidikan Islam adalah membentuk manusia menjadi khalifah fil ardl, kemudian materi Pendidikan Islam perlu untuk membuka diri terhadap ilmu-ilmu dari Barat namun tetap berpedoman pada al-Qur’an dan hadist, sedangkan metode pendidikan Islam itu menurut Hasan Langgulung adalah metode yang dapat membuat pesertadidik kritis dan kreatif sehingga proses pembelajaran menjadi aktif, selanjutnyaevaluasi pendidikan Islam mutlak adanya dan mencakup segi kognitif, afektif dan psikomotorik.3) Persamaan pemikiran Fazlur Rahman dan Hasan Langgulung terletak pada materi dan metodependidikan Islam, sedangkan perbedaannya adalah dalam hal pengertian pendidikan Islam, tujuan pendidikan Islam, dan evaluasi pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:27
Last Modified: 07 Mar 2023 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19647

Actions (login required)

View Item View Item