Fadhl, Ilham (2019) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Kegiatan Keagamaan di SMK Negeri 5 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ilham Ahmed Fadhl _ T20151336.pdf Download (6MB) |
Abstract
Kegiatan keagamaan adalah suatu dorongan atau perilaku yang berkenaan dengan keyakinan atau kepercayaan masing-masing Tuhan dan sebagainya serta memiliki adat istiadat yang berbeda dalam budaya sehari-harinya. Keaktifan itu ada dua macam, yaitu keaktifan jasmani dan keaktifan rohani atau keaktifan jiwa dan keaktifan raga. Dalam kenyataan kedua hal itu bekerjanya tak dapat dipisahkan. Misalnya orang yang sedang berfikir, memikir adalah keaktifan jiwa tetapi itu tidak berarti bahwa dalam proses memikir itu raganya pasif sama sekali. Paling sedikitnya bagian raga yang dipergunakan selalu untuk memikir yaitu otak tentu juga ikut dalam bekerja. Al-qur’an mengemukakan ada dampak positif dari kegiatan berupa partisipasi aktif. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik dalam mengembangkan kegiatan keagamaan di SMK Negeri 5 Jember tahun pelajaran 2018/2019 ? 2) Bagaimanakah peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing dalam mengembangkan kegiatan keagamaan di SMK Negeri 5 Jember tahun pelajaran 2018/2019? 3) Bagaimanakah peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendorong kreativitas dalam mengembangkan kegiatan keagamaan di SMK Negeri 5 Jember tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik dalam mengembangkan kegiatan keagamaan di SMK Negeri 5 Jember tahun pelajaran 2018/2019. 2) Untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing dalam mengembangkan kegiatan keagamaan di SMK Negeri 5 Jember tahun pelajaran 2018/2019. 3) Untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendorong kreativitas dalam mengembangkan kegiatan keagamaan di SMK Negeri 5 Jember tahun pelajaran 2018/2019. Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian adalah Field Research. Adapun tehnik pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumenter. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik dalam mengembangkan kegiatan keagamaan sekolah itu dapat mempengaruhi mental dan Akhlak siswa-siswi di SMK Negeri 5 Jember meskipun belum secara menyeluruh. 2) peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing dalam mengembangkan kegiatan keagamaan di SMK Negeri 5 Jember ini guru Pendidikan Agama Islam sangat memberikan bimbingan selalu membimbing siswa-siswinya untuk mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki masing-masing siswa-siswinya. 3) Peran guru PAI sebagai pendorong kraetivitas dalam mengembangkan kegiatan keagamaan yakni para siswa-siswi dapat mengikuti kegiatan Keagamaan secara istiqomah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 07 Mar 2023 07:31 |
Last Modified: | 07 Mar 2023 07:31 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19661 |
Actions (login required)
View Item |