Strategi Pengasuh dalam Mengimplementasikan Fungsi Manajemen Guna Meningkatkan Kecerdasan Emosional Santri di Pesantren Darul Hikam Mangli Kaliwates Jember Tahun 2015.

Munawaroh, Hudayatul (2015) Strategi Pengasuh dalam Mengimplementasikan Fungsi Manajemen Guna Meningkatkan Kecerdasan Emosional Santri di Pesantren Darul Hikam Mangli Kaliwates Jember Tahun 2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hudayatul Munawaroh_084 113 065.pdf

Download (1MB)

Abstract

Manajemen sangat diperlukan dalam berbagai instansi pendidikan. Pesantren adalah salah satu instansi yang membutuhkan pengelolaan manajemen yang profesional hingga nantinya menjadi tempat yang aman dan nyaman dalam pembelajaran serta mampu menarik minat para remaja untuk belajar di pesantren. Belajar di pesantren bukan hanya belajar Al-Quran dan kitab salaf saja, tapi juga belajar tentang kepemimpinan, tanggung jawab, dan kedisiplinan serta bersosial dengan orang lain. Sehingga diharapkan santri yang belajar di pesantren cenderung akan memiliki nilai plus dengan kecerdasan emosional yang berguna bagi kehidupan sosial di masa depan. Pengasuh atau kiai menjadi figur utama yang berkewajiban membuat strategi dalam mengimplementasikan fungsi manajemen sesuai dengan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki. Sebagaimana yang duterapkan di pesantren Darul Hikam, pesantren ini berada di tengah-tengah perumahan elit Pesona Surya Milenia. Dalam hal ini, pengasuh harus mampu membuat strategi manajemen yang sesuai dengan lingkungan tersebut. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaiman strategi pengasuh dalam mengimplementasikan pengorganisasian guna meningkatkan kecerdasan emosional santri di pesantren Darul Hikam Mangli Kaliwates Jember Tahun 2015? 2) Bagaiman strategi pengasuh dalam mengimplementasikan pelaksanaan kegiatan guna meningkatkan kecerdasan emosional santri di pesantren Darul Hikam Mangli Kaliwates Jember Tahun 2015? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi pengasuh dalam mengimplementasikan fungsi manajemen yaitu implementasi dalam pengorganisasian dan implementasi dalam pelaksanaan kegiatan guna meningkatkan kecerdasan emosional santri di pesantren Darul Hikam Mangli Kaliwates Jember. Untuk menganalisis dan mendeskripsikan permasalahan, penelitian ini menggunakan metode Kualitatif deskriptif, yang mana peneliti membahas secara gamblang permasalahan yang terjadi. Adapun tekhnik pengumpulan datanya menggunakan observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Dan keabsahan datanya menggunanakan triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan fokus penelitian dan metode yang digunakan, penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Pengasuh memberikan kewenangan, kepada para asatidz dalam strategi mengajar, serta memberikan kepercayaan dan tanggung jawab kepada santri untuk mengatur dan mengelola pesantren 2) Melaksanakan kegiatan yang menunjang kecerdasan emosional dan melibatkan semua santri dalam kegiatan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:31
Last Modified: 07 Mar 2023 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19667

Actions (login required)

View Item View Item