Sa'adah, Intan Daurotus (2015) Model Pembelajaran Integratif PAI Berbasis Pesantren di SMP plus Darus Sholah Tegal Besar Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Intan Daurotus Sa’adah_084091096.pdf Download (3MB) |
Abstract
Maraknya kajian dan pemikiran integrasi keilmuan (islamisasi ilmu pengetahuan) dewasa ini yang sangat santer didengungkan oleh kalangan intelektual muslim, antara lain, Naquib Al-Attas dan Ismail Raji’ Al-Faruqi, tiadak lepas dari kesadaran berislam ditengah pergumulan dunia global yang sarat dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi. Tiba saatnya dipertimbangkan oleh kiyai atau pengasuh pesantren seiring dengan perkembangan shururf (situasi dan kondisi), baik makani maupun zamani, perlu kiranya memberikan masukan kepada santri untuk memperluas wawasan dan cakrawala berfikir tanpa mengganggu apalagi merugikan kurikulum baku yang telah teruji keampuhannya dalam dunia pendidikan. Termasuk dalam upaya meningkatkan kemampuan analisis perlu dipikirkan untuk mengintegrasi kajian kitab-kitab dan ilmu kemasyarakatan, dengan demikian diharapkan para santri mempunyai kemampuan analisis dan antisipatif dalam menghadapi era globalisasi memang sangatlah diperlukan, karena era ini adalah era krisis moral dan agama karena perkembangan modernisasi yang sangat pesat. Sedangkan ilmu-ilmu yang menjurus pada agama tidak begitu diperhitungkan masyarakat. Oleh karena itu pesantren sangat berusaha keras dalam memberikan bekal pada para santri agar mampu menstabilkan hubungan keduanya. Berangkat dari permasalahan di atas penulis sangat tertarik untuk mengangkat sebuah penelitian tetang Model Pembelajaran Integratif PAI Berbasis Pesantren di SMP Plus Darusholah Tegal Besar Jember dengan difokuskan pada tujuan Pembelajaran, Materi apakah yang digunakan, Strategi apakah yang digunakan, dan Evaluasi apakah yang digunakan dalam Pembelajaran Integratif PAI Berbasis Pesantren di SMP Plus Darus Sholah Tegal Besar Jember ? Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan, metode pengumpulan datanya kualitatif partisipatif (fieldwork relation). Adapun analisa datanya menggunakan reflektif thingking, sedangkan tekniknya menggunakan observasi dan interview. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa tujuan pembelajaran integratif adalah adanya transfer nilai, tidak hanya sekedar transfer islam/agama karena pendidikan agama islam tidak semata-mata dilakukan melalui bidang studi agama, melainkan memuat dalam setiap mata pelajaran umum. Materi pembelajarannya dengan model connected (terhubung), model Sequenced (berurutan), dan model Integrated. Strategi pembelajarannya dengan menekankan kepada keaktifan peserta didik (Student Centrist) dengan pembelajaran Contextual teaching learning (CTL). Evaluasinya dengan tiga macam, yaitu menggunakan Evaluasi Formatif, Evaluasi Sumatif , dan Evaluasi sumatif. Kata Kunci : Model Pembelajaran Integratif, PAI, dan Pesantren
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 07 Mar 2023 08:52 |
Last Modified: | 07 Mar 2023 08:52 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19676 |
Actions (login required)
View Item |