Analisa Layanan Purna Jual (After Sales) Sebagai Bentuk Perlindungan Nasabah Penyimpan Dalam Menggunakan Kartu ATM di PT Bank Syariah Mandiri KC Jember

Danil, Muhammad (2019) Analisa Layanan Purna Jual (After Sales) Sebagai Bentuk Perlindungan Nasabah Penyimpan Dalam Menggunakan Kartu ATM di PT Bank Syariah Mandiri KC Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Danil_E20151100.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan Bagaimana layanan after sale terhadap deposan atau penyimpan di PT Bank Syariah Mandiri KC Jember? Bagaimana langkah-langkah strategis PT Bank Syariah Mandiri KC Jember dalam layanan after sale khususnyaAlat Pembayaran menggunakan kartu ATM ?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh melalui hasil wawancara dan studi dokumentasi selanjutnya dianalisis dengan pola pikir induktif. Data yang menjadi rujukan penulis adalah data hasil penelitian lapangan (field research) yang mana penulis melakukan wawancara dengan beberapa narasumber dan mengembangkan hasil wawancara untuk dianalisis dan diperoleh data terkait dengan dua fokus masalah yang di angkat untuk tema pembahasan. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa bentuk layanan after sale nasabah adalah berupa layanan yang diberikan pihak bank kepada nasabah tanpa dibatasi waktu. Jika terdapat permasalahan terkait dengan penggunakan ATM pihak bank akan mengatasi secara cepat dan tepat seperti dengan adanya CCTV di setiap ATM, hal tersebut dapat menanggulangi adanya tindakan kejahatan. Dan kartu ATM saat ini sudah di upgrade menjadi GPN untuk melindungi dari adanya skimming. Langkah strategis yang dilakukan pihak Bank didasarkan pada kebutuhan para nasabah, sehingga dapat mengatasi berbagai permasalahan dengan tindakan yang tepat dan nasabah mendapatkan perlindungan dari adanya layanan after sale yang diberikan. Sejalan dengan kesimpulan di atas, penulis memberikan saran: Pertama Memberikan pengetahuan awal kepada calon nasabah baru yang akan menggunakan kartu ATM, agar jika terdapat permasalahan tidak terlalu risau dan takut akan terjadi sesuatu. Kedua Memperluas jangkauan layanan yang disediakan dengan fitur – fitur yang mudah di akses oleh para nasabah. Ketiga Mengembangkan layanan perlindungan yang telah ada agar nasabah merasa lebih aman dalam melaksanakan transaksi menggunakan ATM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 08:51
Last Modified: 07 Mar 2023 08:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19703

Actions (login required)

View Item View Item