Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswadi Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Mayang Jember Tahun Pelajaran 2014/2015.

Qomariyah, Siti (2015) Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswadi Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Mayang Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Qomariyah_084 101 302.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kedisiplinan merupakan usaha sadar untuk melatih batin dan watak agar selalu mematuhi peraturan atau tata tertib, sehingga dapat mempertanggung jawabkan semua perbuatannya. Dalam kedisiplinan tergantung pada lingkungan dimana anak berada terutama di lingkungan keluarga dan sekolah yang dijadikan sebagai pijakan dalam proses mengendalikan sikap anak. Fokus Penelitian yang diteliti adalah Bagaimana Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMP Negeri 2 Mayang Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Sub Fokus Penelitian, 1) Bagaimana peranan guru bimbingan dan konseling dalam perencanaan program bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Mayang Jember Tahun Pelajaran 2014/2015, 2) Bagaimana peranan guru bimbingan dan konseling dalam pelaksanaan program bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Mayang Jember Tahun Pelajaran 2014/2015, 3) Bagaimana peranan guru bimbingan dan konseling dalam mengevaluasi program bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Mayang Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan peranan guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Mayang Jember Tahun Pelajaran 2014/2015.Tujuan khusus, 1) Untuk mendeskripsikan Peran Guru bimbingan dan konseling dalam perencanaan program bimbingan dan konseling sebagai peningkatan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Mayang Jember Tahun Pelajaran 2014/2015, 2) Untuk mendeskripsikan peran guru bimbingan dan konseling dalam pelaksanaan program bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Mayang Jember Tahun Pelajaran 2014/2015, 3) Untuk mendiskripsikan peran guru bimbingan dan konseling dalam mengevaluasi program bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Mayang Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, penentuan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumenter. Dalam keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan umum yaitu Peranan guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Mayang Jember. Peran guru bimbingan konseling tidak hanya bekerja sendiri tetapi bekerja sama, peran guru dalam membantu siswa harus membentuk sebuah perencanaan yang diterapkan dan dilaksanakan bimbingan konseling dan dewan guru lainnya kemudian mengevaluasi melalui laiseg, laijan, dan laijapang untuk hasil yang maksimal dan berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:53
Last Modified: 08 Mar 2023 06:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19716

Actions (login required)

View Item View Item