Yusuf, Saifullah Rizal (2015) Strategi Pendidikan Lingkungan Hidup Dalam Pendidikan Agama Islam Oleh Tokoh Masyarakat di Desa Pace Silo Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Saifullah Rizal Yusuf W.k_084 111 225.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan mempunyai peran yang sangat strategis dalam membentuk pengetahuan dan persepsi manusia. Pendidikan diharapkan dapat menjadi wadah yang tepat untuk menanamkan kesadaran lingkungan pada manusia. Oleh karena itu perlu adanya pendidikan lingkungan hidup agar manusia dapat mengelola dan memanfaatkan lingkungan secara maksimal. Islam memposisikan konservasi lingkungan menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan manusia sebagai kholifah yakni kaitannya dengan hablum minal alm (hubungan manusia dengan alam). Dalam beberapa tahun terakhir, banyak sekali bencana-bencana yang melanda bumi ini. Di antaranya bencanan karena alam itu sendiri maupun bencana karena ulah manusia, untuk mencegah hal ini perlu adanya sosialisasi dari pemerintah ke masyarakat. Posisi tokoh masyarakat dalam hal ini juga cukup penting, selain menjadi tokoh panutan, mereka juga berperan aktif sebagai motor penggerak perubahan sosial Pada masyarakat desa Pace Silo Jember pemberdayaan tokoh masyarakat secara konseptual diartikan sebagai kumpulan tindakan yang dikembangkan oleh sekelompok tokoh masyarakat agar warga sekitar dapat lebih meningkatkan iman dan taqwa keIslamannya, tidak hal ini saja mereka juga memberikan sosialisasi dan pendidikan tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Fokus penelitian ini adalah: 1) bagaimana strategi pendidikan lingkungan hidup dalam pendidikan agama Islam oleh tokoh masyarakat dalam kasus eksplorasi tambang emas? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pendidikan lingkungan hidup oleh tokoh masyarakat dalam kasus eksplorasi tambang emas? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan strategi pendidikan lingkungan hidup dan pendidikan agama Islam oleh tokoh masyarakat dalam kasus eksplorasi tambang emas 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pendidikan lingkungan hidup oleh tokoh masyarakat dalam kasus eksplorasi tambang emas Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitiannya deskriptif. Sedangkan dalam menentukan subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini menggunakan deskriptif kualitatif, melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.dan metode Hasil penelitian ini: 1) Strategi pendidikan lingkungan hidup dalam pendidikan agama Islam oleh tokoh masyarakat di desa Pace Silo Jember bahwasanya strategi yang digunakan oleh tokoh masyarakat ialah memberikan pemahaman tentang tata cara pengelolaan lingkungan terutama masalah tambang emas, yang banyak mudharatnya jika di eksplorasi. Hal ini dilakukan disela-sela acara pengajian, yasinan, isthigosah, dan musyawarah. Disamping itu juga tokoh masyarakat juga memberikan pendidikan agama Islam yaitu dengan memberikan dorongan terhadap masyarakat, agar mereka lebih memamahi agama dan menjadi manusia yang berakhlak serta bisa mengamalkan ajaranajaran agama, yang kemudian dapat mereka kembangkan kepada generasi-generasi berikutnya. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan lingkungan hidup oleh tokoh masyarakat ialah adanya pihak lain dari desa Pace yang menyuruh para warga sekitar untuk tetap mengeksplorasi tambang emas tersebut dan adanya kerja sama antara pihak perhutani dengan para pelaku tambang. faktor pendukung ialah adanya kerja sama antara aparat penegak hukum dengan tokoh-tokoh setempat serta masyarakat sekitar yang menolak adanya tambang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 08 Mar 2023 06:50 |
Last Modified: | 08 Mar 2023 06:50 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19753 |
Actions (login required)
View Item |