Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Menanagni Kenakalan Siswa Di Madrasah Aliyah Nurul Qarnain Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2014/2015.

Abdurrahman, Sofi (2015) Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Menanagni Kenakalan Siswa Di Madrasah Aliyah Nurul Qarnain Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sofi Abdurrahman_084 091 202.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan proses untuk membantu manusia dalam mengembangkan dirinya sekaligus mampu membuat perubahan yang terjadi dalam rangka membangun manusia yang seutuhnya. Kemerosotan moral yang melanda masyarakat kita saat ini, terutama dikalangan generasi muda sangat memprihatinkan. Hal ini adalah dampak perkembangan yang tidak diimbangi dengan kesiapan mental dalam mengkonsumsi dan memanfaatkan teknologi modern. Dalam hal ini kenakalan siswa adalah masalah lama yang senantiasa muncul ditengah-tengah masyarakat. Masalah tersebut hidup berkembang dan membawa akibat tersendiri sepanjang masa. Fokos penelitian yang diteliti adalah, 1) Bagaimana peran guru bimbingan konseling sebagai preventif dalam menangani kenakalan siswa di Madrasah Aliyah Nurul Qarnain Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2014/2015? 2) Bagaimana peran guru bimbingan konseling sebagai kuratif dalam menangani kenakalan siswa di Madrasah Aliyah Nurul Qarnain Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2014/2015? 3) Bagaimana peran guru bimbingan konseling sebagai represif dalam menangani kenakalan siswa di Madrasah Aliyah Nurul Qarnain Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2014/2015?. Tujuan ini adalah untuk mendeskripsikan Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Menangani Kenakalan Siswa di Madrasah Aliyah Nurul Qarnain Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Tujuan ini dirumuskan sebagai berikut, 1) Untuk mendeskripsikan peran guru bimbingan konseling sebagai preventif dalam menangani kenakalan siswa di Madrasah Aliyah Nurul Qarnain Sukowono Jember. 2) Untuk mendeskripsikan peran guru bimbingan konseling sebagai kuratif dalam menangani kenakalan siswa di Madrasah Aliyah Nurul Qarnain Sukowono Jember. 3) Untuk mendeskripsikan peran guru bimbingan konseling sebagai represif dalam menangani kenakalan siswa di Madrasah Aliyah Nurul Qarnain Sukowono Jember. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, penentuan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif melalui tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan umum yaitu peran guru bimbingan konseling dalam menangani kenakalan siswa di Madrasah Aliyah Nurul Qarnain Sukowono Jember. Peran guru bimbingan konseling tidak hanya bekerja sendiri tetapi bekerjasama antara kepala sekolah, waka kesiswaan dan guru-guru yang lain karena hal itu membantu meringankan guru BK dalam menangani kenakalan siswa baik di dalam ataupun di luar kelas, kenakalan yang dilakukan oleh siswa Madrasah Aliyah Nurul Qarnain masih bisa dikategorikan kenakalan biasa. Dalam mengatasi permasalahan siswa, guru BK menggunakan metode preventif, kuratif dan represif, sehingga dengan menggunakan metode ini guru BK tidak mengalami kesulitan dalam mengangani kenakalan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:51
Last Modified: 08 Mar 2023 06:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19766

Actions (login required)

View Item View Item