Penggunaan Media Flash Card dalam mengatasi kejenuhan belajar anak usia dini di TK Al-kautsar sukosari bondowoso.

Fitriyah, Sofiatul (2015) Penggunaan Media Flash Card dalam mengatasi kejenuhan belajar anak usia dini di TK Al-kautsar sukosari bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sofiatul Fitriyah_084 111 096.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang paling mendasar yang menempati posisi yang sangat strategis dalam pengembangan sumber daya manusia, karena rentan tahap selanjutnya anak usia dini merupakan rentangan usia kritis dan sekaligus strategis dalam proses pendidikan yang dapat mempengaruhi proses serta hasil pendidikan pada tahap selanjutnya. Pada saat ini, banyak masyarakat yang menginginkan anak-anak yang keluar dari TK mampu membaca dan menulis sehingga dapat masuk ke sekolah favorit. Sedangkan dalam kegiatan pembelajaran untuk anak usia dini, sangatlah dibutuhkan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan agar anak tidak mempunyai kejenuhan dalam belajar. Pemilihan media pembelajaran sangat mempengaruhi suatu kegiatan pembelajaran. Media flash card dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kejenuhan belajar bagi anak usia dini. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana penerapan media Flash card di TK AlKautsar Sukosari Bondowoso? 2) Bagaimana mengatasi kejenuhan belajar anak usia dini di TK Al-Kautsar Sukosari Bondowoso. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan media flash card di TK Al-kautsar Sukosari Bondowoso. 2) Untuk mendeskrpsikan cara mengatasi kejenuhan belajar anak usia dini di TK Al-Kautsar Sukosari Bondowoso. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif. Sedangkan dalam menentukan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini menggunakan deskriptif kualitatif, melalui tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data dan dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian, 1) Dari hasil penelitian ini, peneliti dapat menyimpulkan bahwa perencanaan dalam penggunaan media Flash Card yang berlangsung di TK Al-kautsar Sukosari Bondowoso apabila ketika salah satu guru yang berhalangan, guru lain langsung menggantikannya, dan kerjasama diantara mereka sangat terjaga, dilihat dari dalam pembuatan perangkat pembelajaran yang sudah memiliki tugas masing-masing yang nantinya pada setiap pergantian semester diserahkan pada bagaian administrasi sekolah. 2)Kemudian dalam pelaksanaannya media Flash Card telah berjalan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan. Selain itu media flash card dapat memberikan dampak positif terhadap pembelajaran, peserta didik larut dalam sebuah permainan kartu sehingga peserta didik tidak merasa jenuh atau bosan ketika pembelajaran berlangsung .3) Evaluasi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Flash Card telah berjalan lancar dan baik, dan kesemuanya itu tidak terlepas dari adanya koordinasi yang baik antar guru yang satu dengan yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:51
Last Modified: 08 Mar 2023 06:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19767

Actions (login required)

View Item View Item