Implementasi Kurikulum Al islam dan Kemuhammadiyahan Dalam Meningkatakan religiusitas di SMK Muhammadiyah 5 Jember.

Wicaksono, Arif (2018) Implementasi Kurikulum Al islam dan Kemuhammadiyahan Dalam Meningkatakan religiusitas di SMK Muhammadiyah 5 Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Arif Wicaksono_ 084 9315 019.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kurikulum Al-Islam dan kemuhammadiyahan merupakan hal yang penting untuk meningkatkan religiusitas. Kurikulum Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (ciri khusus) merupakan seperangkat mata pelajaran keislaman yang wajib ditempuh oleh peserta didik. Karena diharapkan selain memiliki bekal berupa ketrampilan dan pengetahuan umum juga memiliki wawasan keagamaan sehingga menjadi manusia yang produktif sekaligus berakhlak mulia. Adapun tujuan penanaman spirit keislaman melalui penyelenggaraan Kurikulum Al-Islam dan Kemuhammadiyahan adalah agar peserta didik nantinya memiliki kematangan dalam beragama. Fokus penelitian ini tentang bagaimana implementasi Kurikulum Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam meningkatakan religiusitas siswa. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan implementasi kurikulum Al islam Dan Kemuhammadiyahan dalam meningkatkan Religiusitas Siswa. Adapun jenis dari penelitian ini adalah penelitian lapangan (FieldResearch) yang bersifat deskriptif kualitatif karena data‐data yang dikumpulkan langsung dari lapangan. Dikatakan penelitian deskriptif karena penelitian ini ditujukan untuk mendekripsikan fenomena-fenomena yang ada, baik fenomena yang bersifat alamiah maupun rekayasa manusia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. metode analisis data yang digunakan adalah metode induktif. Adapun tahapan analisis data yang dilakukan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil Penelitian Implementasi dalam lingkup Perencenaan Kurikulum Al Islam Dan Kemuhammadiyahan guru di tuntut untuk membuat program tahunan(PROTA) dalam pembuatan prota tersebut guru memadukan materi dengan kandungan religiusitas siswa sedangkan dalam prota kemuhammadiyahan terdapat kandungan untuk mengarahkan peserta didik dalam berorganisasi. Selain membuat program tahunan, guru SMK Muhammadiyah 05 cakru membuat program semester, yang dilaksanakan dalam satu semester yang berisi SK/KD, untuk pembuatan program semester melibatkan semua guru yang berfungsi untuk mencari inti inti pada kompetensi dasar mata pelajaran tersebut dalam kaitanya program semester kemuhammadiyahan meliputi dimensi ideologi dan dimensi konsekuensi. Serta pembuatan prota yang mengarahkan pada sisi religiusitas. Pelaksanaan Kurikulum Al Islam Dan kemuhammadiyahan, guru Al Islam dan kemuhammadiyahan. Dalam tahap awal menyapa peserta didik dan digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id vi mengajak peserta didik serta menyamapaikan informasi materi tersebut, melatih pengfahalan.memberikan dorongan dan motivasi kepada peserta didik, dalam rapat guru kepala sekolah mengjurkan setiap guru memberikan tauladan yang baik kepada peserta didik. Guru harus sebagai motivator makin tepat. Langkahlangkah yang dilaksanakan guru Al Islam dengan melakukakan pembelajaran dengan salam bahkan menambahkan yel yel islami setelah itu senam tangan dan berdoa setelah berdoa membaca jus amma secara bersama sama. Dalam pelaksanaan kurikulum kemuhammadiyahan peserta didik harus dikenalkan terlebih dahulu tentang muhammadiyah melalui pendekatan historis dalam pelaksanaan tersebut guru kemuhammadiyahan melakukan metode ceramah yang menurut guru yang bersangkutan itu termasuk metode yang efektif. Evaluasi kurikulum Al Islam dan kemuhammadiyahan, evaluasi tersebut terdapat tiga proses diantaranya mingguan, bulanan dan semester dalam proses nilai afektif dalam pembelajaran Al Islam membahas tentang prospek perilaku peserta didik. evaluasi pembelajaran melalui aspek kognitif dalam bentuk ulangan harian, ujian tengan semester dan ujian akhir semester. Dengan demikian setelah bentuk evaluasi tersebut dicapai guru Al Islam dan Kemnuhammadiyaha memberikan remedial serta bimbingan konseling bagi siswa yang melakukan kesalahan afektif, karena hal itu dapat mendongkrak nilai afektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:51
Last Modified: 08 Mar 2023 06:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19773

Actions (login required)

View Item View Item