Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Nilai-Nilai Ajaran Islam Siswa SMP Al-Furqon Jember Tahun Pelajaran 2015/2016

Rahmatillah, Vicky Naili (2015) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Nilai-Nilai Ajaran Islam Siswa SMP Al-Furqon Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Vicky Naili Rahmatillah_084 111 099.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada penelitian ini membahas tentang pembinaan nilai-nilai ajaran Islam siswa. Penelitian ini menarik untuk dibahas karena pada zaman yang serba modern ini ternyata banyak orang yang mengaku bahwa mereka beragama Islam akan tetapi perbuatan mereka tidak mencerminkan bahwa mereka adalah seorang muslim. Banyak dari mereka yang berperilaku menyimpang dari perintah Allah. Yang banyak terjadi sekarang ini adalah banyaknya orang yang mengaku dirinya Islam tetapi tidak mengerjakan shalat, tidak puasa, tidak amanah, siswa banyak yang mencontek, banyak dari pejabat yang korupsi serta perilaku-perilaku lain yang melenceng dari ajaran Al-Qur’an dan Hadits. Berdasarkan latar belakang di atas maka dapat dirumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akidah siswa SMP Al-Furqon Jember tahun pelajaran 2015/2016? 2) Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa SMP Al-Furqon Jember tahun pelajaran 2015/2016? 3) Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan syariah siswa SMP AlFurqon Jember tahun pelajaran 2015/2016?. Tujuan penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: 1) Untuk mendeskripsikan upaya guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akidah siswa SMP Al-Furqon Jember tahun pelajaran 2015/2016, 2) Untuk mendeskripsikan upaya guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa SMP Al-Furqon Jember tahun pelajaran 2015/2016, 3) Untuk mendeskripsikan upaya guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan syariah siswa SMP Al-Furqon Jember tahun pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian penelitian kualitatif deskriptif. Sedangkan dalam menentukan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini melalui tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data dan dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian ini, 1) upaya guru dalam membina akidah adalah dengan memberikan pemahaman dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. 2) upaya guru dalam membina akhlak adalah dengan memberikan pengertian tentang akhlak yang baikdan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. 3) upaya guru dalam membina syariah adalah dengan membiasakan siswa untuk selalu rajin dalam beribadah dan terus mengontrol kegiatan ibadah siswa baik di sekolah maupun di rumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:52
Last Modified: 08 Mar 2023 06:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19779

Actions (login required)

View Item View Item