Implementasi Supervisi Akademik Pengawas Dalam Meningkatkan Mutu Tenaga Pendidik di Madarsah Tsanawiyah Sunan Ampel Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016 / 2017.

Huda, Nurul (2017) Implementasi Supervisi Akademik Pengawas Dalam Meningkatkan Mutu Tenaga Pendidik di Madarsah Tsanawiyah Sunan Ampel Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nurul Huda _0849115018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi Supervisi Akademik, Pengawas Madrasah, Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik. Esensi sebuah pendidikan dimadrasah adalah proses pembelajaran, tidak ada kualitas pendidikan disekolah tanpa kualitas pembelajaran. Berbagai upaya peningkatan mutu pendidikan dimadrasah dapat dianggap kurang berguna bila mana belum menyentuh perbaikan proses pembelajaran. Diantara keseluruhan komponen dalam pembelajaran, guru merupakan komponen organik yang sangat menentukan, tidak ada kualitas pembelajaran tanpa kulaitas guru.Salah satu program yang dapat dilakukan dalam rangka pemberdayaan guru adalah supervisi akademik.Hal-hal yang mendasari supervisi akademik dalam meningkatkan mutu tenaga pendidik di Madrasah Tsanawiyah Sunan Ampel Kecamatan Sukorambi adalah landasan teoritits, yuridis dan fenomena. Landasan tersebut menjadi dasar untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi supervisi akademik pengawas di Madrasah Tsanawiyah Sunan Ampel Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Berangkat dari latarbelakang masalah, maka peneliti memiliki inisiatif untuk mengadakan penelitian tentang Implementasi Supervisi Akademik Pengawas Dalam Meningkatkan Mutu Tenaga Pendidik di Madarsah Tsanawiyah Sunan Ampel Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan perencanaan supervisi akademik pengawas madrasah di Madrasah Tsanawiyah Sunan Ampel Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 dan untuk mendiskripsikan pelaksanaan supervisi akademik pengawas madrasah di Madrasah Tsanawiyah Sunan Ampel Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 serta untuk mendiskripsikan evaluasi supervisi akademik pengawas madrasah di Madrasah Tsanawiyah Sunan Ampel Sukorambi Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptis analisis dan jenis penelitian study kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observatif partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Metode observasi dilakukan dengan pengamatan dan pencatatan, interview dilakukan wawancara dengan informan, dan metode dokumentasi dilakukan terhadap benda yang didokumentasikan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif, kemudian untuk memperoleh keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id vi yaitu: Pertama, Perencanaan supervisi akademik terdiri dari Analisis Kebutuhan Guru, Proses perencanaan, Jenis-jenis perencanaan (program tahunan dan program semester) dan substansi perencanaan (rencana pengawasan akademik, program pembinaan guru).Kedua, Pelaksanaan Supervisi akademik menggunakan: (a) Pendekatan kolaboratif. (b) Metode yang digunakan dalam supervisi akademik yaitu teknik individual dan teknik kelompok. (c) Strategi dalam melaksanakan supervisi akademik berupa pertemuan pra supervisi, supervisi dibidang peningkatan mutu tenaga pendidik, menganalisis setiap program yang diterapkan dan evaluasi setiap pelaksanaan program dalam bentuk pelaporan hasil supervisi akademik dilakukan pada setiap akhir semester. Ketiga, Evaluasi supervisi akademik yakni: (a) Evaluasi program pengawasan dalam bentuk laporan. (b) Standart evaluasi supervisi akademik menggunakan standart kompetensi guru. (c) Evaluasi terhadap kinerja guru melalui pertemuan-pertemuan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP). (d) Hasil evaluasi supervisi akademik memberikan pengaruh positif terhadap pengembangan mutu guru meliputi administrasi guru lebih sempurna dan lengkap dari tahun sebelumnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:53
Last Modified: 08 Mar 2023 06:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19791

Actions (login required)

View Item View Item