Lela Dwi, Cahyani (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BOOKLET BERDASARKAN HASIL IDENTIFIKASI TUMBUHAN PAKU (PTERIDOPHYTA) DI KAWASAN TAMAN BOTANI SUKORAMBI UNTUK SISWA KELAS X SMA ARGOPURO PANTI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
LELA DWI CAHYANI_T20168008.pdf Download (25MB) |
Abstract
Lela Dwi Cahyani, 2022: “Pengembangan Bahan Ajar Booklet Berdasarkan Hasil Identifikasi Tumbuhan Paku (Pteridophyta) di Kawasan Taman Botani Sukorambi untuk Siswa Kelas X SMA Argopuro Panti Jember”.
Kata Kunci: Booklet, Identifikasi Tumbuhan Paku, Taman Botani Sukorambi
Tumbuhan paku (pteridophyta) termasuk pada materi biologi kelas X SMA Argopuro Panti Jember yang jenisnya sangat beragam sehingga materi sulit dipahami. Permasalahan tersebut terjadi pada proses pembelajaran yaitu kurang efektifnya bahan ajar yang digunakan. Pemilihan bahan ajar yang tepat perlu memperhatikan beberapa aspek yaitu, kondisi, karakter peserta didik, keterbatasan, dan tujuan pembelajaran. penggunaan Booklet sebagai bahan ajar memiliki keunggulan yakni meningkatkan hasil belajar, kemampuan belajar, memudahkan memperoleh informasi dan membantu memahami konsep materi biologi.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kevalidan bahan ajar booklet pada materi tumbuhan paku (pteridophyta) untuk siswa kelas X SMA Argopuro Panti Jember. 2) Mendeskripsikan kepraktisan bahan ajar booklet pada materi tumbuhan paku (pteridophyta) untuk siswa kelas X SMA Argopuro Panti Jember. 3) Mendeskripsikan keefektivan bahan ajar booklet pada materi tumbuhan paku (pteridophyta) untuk siswa kelas X SMA Argopuro Panti Jember.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D (four-D model) yang terdiri dari (define, design, development, dissemination), Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Argopuro Panti Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, angket, dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil validasi ahli materi memperoleh nilai rata-rata presentase sebesar 93,5% dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi ahli media memperoleh nilai rata-rata presentase sebesar 89,77% dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi ahli bahasa memperoleh nilai rata-rata presentase sebesar 95,83% dengan kriteria sangat valid. Hasil penilaian guru biologi memperoleh nilai presentase 93,05% dengan kriteria sangat valid. 2) Hasil kepraktisan memperoleh nilai 91,53% termasuk kategori sangat menarik 3) Tingkat efektivitas didapatkan dari nilai pretest dan posttest menggunakan paired sample test. Hasil uji efektivitas memperoleh nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05, maka bahan ajar booklet terbukti efektif digunakan sebagai bahan ajar. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa bahan ajar booklet valid, praktis, dan efektif digunakan pesesta didik dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060799 Plant Biology not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Ms Lela Dwi Cahyani |
Date Deposited: | 08 Mar 2023 08:53 |
Last Modified: | 08 Mar 2023 08:53 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19794 |
Actions (login required)
View Item |