Peran Guru Dalam Manajemen Kelas Komprehensif di Sekolah Dasar Al-Baitul Amien 02 Full Day School Jember Tahun Pelajaran 2016/ 2017.

Abdillah, Fajar (2017) Peran Guru Dalam Manajemen Kelas Komprehensif di Sekolah Dasar Al-Baitul Amien 02 Full Day School Jember Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fajar Abdillah_ 0849415005.pdf

Download (12MB)

Abstract

Kata Kunci: Peran Guru, Manajemen Kelas Komprehensif Siswa kebanyakan waktunya dihabiskan di dalam kelas. Oleh karena itu tidaklah heran jika siswa merasakan kejemuan dan merasa senang ketika bel istirahat berdering. Belum lagi siswa juga membutuhkan waktu bermain dan waktu mengistirahatkan otaknya. Sekolah dasar al-Baitul Amien jember merupakan sekolah yang menerapkan sistem pembelajaran sehari penuh ( full day). Jika mengacu pada alasan kejemuan, merampas waktu bermain dan letih secara fisik dan psikis diatas tentu jumlah siswa akan menurun, karena wali siswa tidak ingin anaknya mengalami keletihan fisik maupun psikis. Namun kenyataan di lapangan menunjukkan sekolah ini semakin banyak peminatnya bahkan kini ada dua kompleks sekolahnya. Para siswanya merasa enjoy saja meskipun mereka menghabiskan waktunya di kelas. Oleh karena itu, akan menjadi hal menarik jika menelusuri lebih jauh bagaimana peran guru dalam memanajemen kelas sehingga siswa tetap enjoy meskipun seharian di sekolah. Yang menjadi fokus penelitian adalah 1) bagaimana peran guru dalam mengelola fisik kelas dan 2) bagaimana peran guru dalam mengelola dimensi manusia di Sekolah Dasar al-Baitul Amien Full Day School Jember tahun pelajaran 2016/2017. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan peran guru dalam mengelola fisik kelas dan 2) mendeskripsikan peran guru dalam mengelola dimensi manusia di Sekolah Dasar al-Baitul Amien Full Day School Jember tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan perspketif manajemen kelas komprehensif karena teori ini secara utuh mencakup dua tugas utama manajemen kelas, yaitu mengelola fisik kelas dan dimensi manusia di kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitiannya studi kasus. Lokasi penelitian terletak di SD al-Baitul Amien 02 Full Day School atas pertimbangan ditemukannya buku budaya siswa, tim afeksi , dan guru pendamping. Sumber data primer berupa tindakan dan ucapan guru terkait perannya dalam manajemen kelas komprehensif, sedangkan sumber data sekunder berupa dokumen tertulis. Penentuan subjek penelitian menggunakan metode purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi dengan metode kuasi partisipasi, wawancara menggunakan metode wawancara bebas terpimpin, sedangkan dokumen berupa sumber tertulis atau file. Analisis data deskriptif kualitatif menggunakan model interkatif Miles dan Hubberman dengan tahapan meliputi pengumpulan data, digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id iv reduksi data, displai data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. 1) Peran guru dalam mengelola fisik kelas meliputi tanggung jawab guru dalam mengelola fisik kelas, mengatur bangku siswa secara fleksibel dan sesuai dengan pembelajaran, mengatur display kelas di dinding dan di langit-langit kelas, dan mengatur material kelas sekiranya semua kegiatan kelas dapat terlihat dan mudah dalam mengakses ke tempat atau kegiatan lain. 2) Peran guru dalam mengelola dimensi manusia meliputi menjaga ketertiban kelas dengan melalui penetapan aturan dan prosedur kelas yang jelas, mengajarkan dan mempraktekkan aturan dan prosedur kelas, dan memantau tegaknya aturan dan prosedur kelas melalui tim afeksi dan guru pendamping, menciptakan hubungan pertemanan yang positip, menciptakan hubungan posisip antara guru dengan siswa dengan didasari ketulusan sebagaimana orang tua terhadap anak, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam manajemen kelas melalui pelatihan yang terkait dengan manajemen kelas, bekerja sama dengan orang tua dalam bentuk pemberian informasi kegiatan kelas melalui group Whatsapp ( WA) kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 08 Mar 2023 08:56
Last Modified: 08 Mar 2023 08:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19796

Actions (login required)

View Item View Item