Implementasi Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri Jember Lor 01 Tahun Pelajaran 2016/2017.

R, Amalia Aisyah (2016) Implementasi Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri Jember Lor 01 Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Amalia Aisyah R_084121322.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penilaian autentik merupakan penilaian yang dilakukan secara komprehensif untuk menilai mulai dari masukan (Input), proses, dan keluaran (output) pembelajaran, baik itu meliputi ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan. Karena penilaian semacam ini mampu menggambarkan peningkatan hasil belajar peserta didik, baik dalam mengobservasi, menalar, mencoba, dan membangun jejaring. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Fokus penelitian adalah (a) Bagaimana Implementasi Penilaian Autentik Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar Negeri Jember Lor 01 Tahun Pelajaran 2016-2017 ?, (2) Sub Fokus Penelitian adalah (a) Bagaimana Implementasi Teknik dan Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar Negeri Jember Lor 01 Tahun Pelajaran 2016/2017? (b) Bagaimana Implementasi Teknik dan Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar Negeri Jember Lor 01 Tahun Pelajaran 2016/2017? (c) Bagaimana Implementasi Teknik dan Instrumen Penilaian Kompetensi Keterampilan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar Negeri Jember Lor 01 Tahun Pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan tentang Implementasi teknik dan instrumen Penilaian Kompetensi Sikap, Penilaian Kompetensi Pengetahuan dan Penilaian Kompetensi Keterampilan dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru PAI. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan, antara lain Bahwa guru melaksanakan penilaian autentik pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti yang mencakup penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian kompetensi sikap dilaksanakan melalui teknik observasi, penilaian diri, penilaian teman sebaya, dan penilaian jurnal. Penilaian kompetensi pengetahuan dilaksanakan melalui teknik tes tertulis, tes lisan, dan penugasan. Penilaian kompetensi keterampilan dilaksanakan melalui teknik penilaian unjuk kerja, penilaian projek, penilaian produk, dan penilaian portofolio. Dalam implementasi penilaian autentik yang meliputi ranah sikap, pengetahuan serta keterampilan telah dilaksanakan dan diterapkan dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:16
Last Modified: 09 Mar 2023 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19803

Actions (login required)

View Item View Item