Implementasi Konsep Hadlanah Perspektif Madzhab Syafi’i di Panti Asuhan Al Ihsan Desa Dukuh Dempok Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Tahun 2017

Muwafiqi, Ahmad (2017) Implementasi Konsep Hadlanah Perspektif Madzhab Syafi’i di Panti Asuhan Al Ihsan Desa Dukuh Dempok Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Tahun 2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Muwafiqi_083 131 058.pdf

Download (11MB)

Abstract

Hadlanah merupakan kewajiban orang tua kepada anaknya untuk memelihara, serta memberi nafkah dan mencukupi keperluan anak sesuai kemampuannya. Selanjutnya, kewajiban anak kepada kedua orang tuanya adalah berbakti dan menghormati terhadap bapak ibunya, yang dimulai sejak anak masih kecil. Adanya hak asuh terhadap anak dikarenakan perceraian oleh sebab itu pengasuhan anak menjadi yang paling penting untuk mensejahtrakan anak agar mendapatkan dan merasakan kasing sayang yang luar biasa dari kedua orang tua. Namaun hadlanah ini bukan hanya orang tua saja yang memberikan kasih sayangnya melainkan dari saudara-saudara yang terdekat ataupun anak yang berada di dalam panti asuhan. Sebab anak-anak yang ada didalam panti asuhan ini sangatlah membutuhkan kasih sayang yang kuat, hingga mendapatkan pengasuhan yang baik terhadap anak. Permaslahan yang akan di kaji adalah mengenai tentang 1)Bagaimana konsep hadlanah persepektif madzhab Syafi’i ? 2)Bagaimana sistem hadlanah di Pantiasuhan al-Ihsan Desa Dukuh Dempok, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember? 3)Bagaimana implementasi konsep hadlanah terhadap anak di panti asuhan Al Ihsan Desa Dukuh Dempok? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan 1)konsep hadlanah madzhab syafi’i, 2)sistem hadlanah di panti asuhan al ihsan, dan 3)implementasi konsep hadlanah terhadap anak di Panti Asuhan Al Ihsan. Metode penelitia Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yaitu suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif dari pengamatan atau sumber-sumber tertulis. Maka data yang diperoleh baik data primer (secara langsung) adalah hasil dari field research (penelitian lapangan) yaitu wawancara dengan para pengurus panti asuhan al ihsan dan data sekunder (secara tidak langsung) yaitu literature lainnya yang relevan dengan permasalahan yang dikaji. Adapun metode pengumpulan data yaitu dengan observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan metode deskriptif, yaitu menerangkan serta menjelaskan secara mendalam terhadap semua aspek yang berkaitan dengan masalah penelitian. Hasil penelian dan pembahasanya adalah 1)Hadlanah yang ada di panti asuhan al ihasan ini menggunakan madzhab syafi’i namaun proses hak asuh terhap anak caranya berbeda. Kalau didalam panti asuahan al ihsan ini mengunakan pengenalan konsep agama (pesantren). 2)Dalam sistem untuk mendidik anak atau mengasuh anak itu tersesun dengan baik, sehinga anak anak yang ada didalam panti asuhan sangat menikmati dalam pengasuhan,penjaggan serta perwatan. 3)Penerapan konsep hadlanah didalam Panti Asuhan Al Ihsan tersebut sangat efektif meskipun tidak sama seutunya dengan madzhab syafi’i,dan sangat membantu dalam kelancaran merawat dan mengasuh anak karena hak-hak anak terpenuhi dengan baik yang tidak membeda-bedakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:17
Last Modified: 09 Mar 2023 07:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19819

Actions (login required)

View Item View Item