Peranan Majelis Ta’lim Al-Iffah Sebagai Pengembangan Pendidikan Agama Islam Pada Santri Madrasah Di Badean Bondowoso.

Sulistiani, Alfiatun (2016) Peranan Majelis Ta’lim Al-Iffah Sebagai Pengembangan Pendidikan Agama Islam Pada Santri Madrasah Di Badean Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Alfiatun Sulistiani_084 121 037.pdf

Download (7MB)

Abstract

Majelis Ta’lim dalam persoalan kehidupan masyarakat dan bangsa mempunyai fungsi yang sangat signifikan, terutama bagi pembinaan Aqidah dan Akhlak pada remaja. Adapun kedudukan Majelis Ta’lim secara sosiologis bukan hanya sekedar tempat berkumpul saja, melainkan mempunyai nilai teologis yang akan memberikan pengetahuan, penghayatan, pembimbingan perilaku untuk melaksanakan nilai-nilai luhur Islam. Melihat adanya beberapa perbedaan sistem pembinaan yang telah dilakukan oleh Majelis Ta’lim Al-Iffah dibandingkan dengan Majelis Ta’lim yang lain, maka peneliti merasa tertarik untuk mengadakan penelitian di Majelis Ta’lim ini. Sedangkan fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana peranan Majelis Ta’lim Al-Iffah sebagai pengembangan potensi Aqidah pada santri madrasah di Badean Bondowoso pada tahun 2016? (2) Bagaimana peranan Majelis Ta’lim Al-Iffah sebagai pengembangan potensi Akhlak pada santri madrasah di Badean Bondowoso pada tahun 2016? (3) Bagaimana peranan Majelis Ta’lim Al-Iffah sebagai pengembangan potensi Ubudiyah pada santri madrasah di Badean Bondowoso pada tahun 2016? (4) Bagaimana peranan Majelis Ta’lim Al-Iffah sebagai pengembangan pemahaman dan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an pada santri madrasah di Badean Bondowoso pada tahun 2016? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peranan Majelis Ta’lim AlIffah sebagai pengembangan potensi Aqidah, Akhak, Ubudiyah dan juga pada pengembangan pemahaman Baca Tulis Al-Qur’an pada santri Madrasah di Badean Bondowoso. Dan untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian Field Reseach-fenomenologi. Adapun tehnik pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan observasi partisipasif, wawancara tak berstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan analisa data menggunakan model Miles dan Huberman dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa di Majelis Ta’lim Al-Iffah lebih menekankan pada kajian Al-Qur’an dan pembiasaan shalat tepat waktu secara berjama’ah, serta membaca Al-Qur’an setiap hari. Pada kajian Al-Qur’an disini tidak hanya sekedar mengkaji dari isi kandungan Al-Qur’an saja, namun santri di ajari bagaimana cara membaca dan menulis ayat-ayat Al-Qur’an secara baik dan benar sesuai dengan teks yang ada di Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:17
Last Modified: 09 Mar 2023 07:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19828

Actions (login required)

View Item View Item