Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Harmoni Kerukunan Beragama pada Siswa yang Pluralistik di SMPN 1 Purwoharjo Banyuwangi.

Rohmah, Ana Fatimatur (2016) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Harmoni Kerukunan Beragama pada Siswa yang Pluralistik di SMPN 1 Purwoharjo Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ana Fatimatur Rohmah_084 121 403.pdf

Download (1MB)

Abstract

Membangun kerukunan antar ummat beragama, ummat Islam harus melihat adanya persamaan-persamaan di antara ummat beragama tersebut. Dari segi agama mungkin berbeda. Namun sebagai manusia mereka memiliki persamaan. Mereka sama-sama keturunan Nabi Adam yang diciptakan dari bahan dan struktur tubuh yang sama. Merupakan sebuah tantangan bagi guru terutama guru pendidikan agama Islam dalam menjalankan tugasnya untuk menumbuhkan semangat saling menghormati, toleransi, menghargai antar sesama sehingga tercipta suasana masyarakat yang plural. Karena sebenarnya tugas guru tidak hanya terfokus pada penyampaian materi saja akan tetapi tugas seorang guru atau pendidik adalah membimbing membina serta mengarahkan siswa-siswinya menjadi harmonis. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana konsep guru pendidikan agama Islam dalam membangun harmoni kerukunan beragama pada siswa yang pluralistik di SMPN 1 Purwoharjo Banyuwangi? 2) Bagaimana strategi dan aksi guru pendidikan agama Islam dalam membangun harmoni kerukunan beragama pada siswa yang pluralistik di SMPN 1 Purwoharjo Banyuwangi? 3) Bagaimana hambatan-hambatan guru pendidikan agama Islam dalam membangun harmoni kerukunan beragama pada siswa yang pluralistik di SMPN 1 Purwoharjo Banyuwangi? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan konsep guru pendidikan agama Islam dalam membangun harmoni kerukunan beragama pada siswa yang pluralistik di SMPN 1 Purwoharjo Banyuwangi. 2) Mendeskripsikan Strategi dan aksi guru pendidikan agama Islam dalam membangun harmoni kerukunan beragama pada siswa yang pluralistik di SMPN 1 Purwoharjo Banyuwangi. 3) Mendeskripsikan hambatan-hambatan guru pendidikan agama Islam dalam membangun harmoni kerukunan beragama pada siswa yang pluralistik di SMPN 1 Purwoharjo Banyuwangi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Sedangkan dalam menentukan subyek penelitian menggunakan porposive sampling. Teknik pengumpulan data, menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data di lapangan menggunakan model Miles and Huberman yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing (penarikan kesimpulan). Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode/ teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: Bahwasanya strategi guru pendidikan agama Islam dalam membangun harmoni kerukunan beragama pada siswa yang pluralistik di SMPN 1 Purwoharjo: 1) menerapkan konsep Islam rahmatallil ‘alamin dengan aspek pluralisme dan syariah. 2) Strategi pembelajaran afektif (penanaman sikap) dengan pemberian teladan yang baik kepada siswa sehingga siswa akan terbentuk sikap saling menghargai, menghormati, mengasihi, dan saling memahami satu sama lain dan aksi penerapan kegiatan guru pendidikan agama Islam dalam wujud menjadwal setiap kegiatan dan mengaplikasikan dengan 4S yaitu sapa, senyum digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id x salim dan salam, di dalam maupun di luar lingkungan sekolah. 3) Munculnya doktrin Islam radikal dan penyalah gunaan teknologi, yang menjadikan siswa berbuat negatif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:17
Last Modified: 09 Mar 2023 07:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19830

Actions (login required)

View Item View Item