Imanah, Ayu (2016) Implementasi Bimbingan Konseling di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ayu Imanah_084121305.pdf Download (75MB) |
Abstract
Bimbingan dan konseling dalam dunia pendidikan memberikan peran dalam mencarikan solusi dari setiap masalah yang dihadapi siswa. Oleh karena itu keberadaan dan implementasi bimbingan dan konseling di sekolah sangat dibutuhkan untuk memberikan bimbingan dan arahan kepada siswa agar dapat memecahkan masalahnya terkait masalah belajar, masalah sosial, masalah individu dan karir kedepannya, karena tidak dapat dipungkiri dalam sebuah lembaga pendidikan khususnya sekolah, guru bimbingan konseling memiiki kontribusi terhadap keberhasilan proses pendidikan di sekolah Bertolak dari latar belakang diatas maka dapat dirumuskan beberapa masalah dalam penelitian ini: (1) Bagaimana implementasi bimbingan konseling model individu di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimana implementasi bimbingan konseling model kelompok di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2016/2017? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan implementasi bimbingan konseling model individu di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2016/2017. (2) Untuk mendeskripsikan implementasi bimbingan konseling model kelompok di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2016/2017. Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian field research dan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.Sedangkan analisis data yang digunakan adalah Reduksi Data, penyajian data, dan Conclusion (kesimpulan).Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan metode. Adapun kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Implementasi bimbingan konseling model individu di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2016/2017 dilakukan dari beberapa bimbingan yang ada yaitu bimbingan studi, bimbingan pribadi, bimbingan sosial dan bimbingan jabatan dan karir serta adanya kerja sama antara dan juga adanya kerjasama antara guru kelas dengan Guru Bimbingan konseling sehingga guru bimbingan konseling dapat dengan mudah memantau siswa dalam melakukan bimbingan bimbingan yang ada dengan cara memotivasi dan memberikan pengarahan kepada mereka. (2) Implementasi bimbingan konseling model kelompok di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2016/2017 dilakukan dengan cara guru BK memasuki kelas untuk memberikan materi dan juga bisa dilakukan dengan memanggil beberapa siswa untuk diadakan bimbingan kelompok dan implementasi ini berfungsi informatif, pengembangan dan juga berfungsi preventif untuk siswa-siswa di MAN 1 Jember
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 09 Mar 2023 07:18 |
Last Modified: | 09 Mar 2023 07:18 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19839 |
Actions (login required)
View Item |