Pendidikan Karakter Disiplin Santri di Gontor 5 Banyuwangi

Sukmawanto, Eko (2017) Pendidikan Karakter Disiplin Santri di Gontor 5 Banyuwangi. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Eko Sukmawanto_0849115009.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kata Kunci: Pendidikan Karakter dan Kedisiplinan Santri Penanaman Karakter disiplin santri merupakan elemen terpenting di Pondok Pesantren, sebab penanaman karakter disiplin merupakan sarana paling efektif dalam proses pendidikan di pondok pesantren. Pembiasaan dan pengawasan pendidikan karakter disiplin santri berlangsung selama 24 jam, semua itu juga tidak terlepas dari manajemen didalamnya, sehingga semua orang yang terlibat di pondok pesantren, mulai dari santri, guru, maupun pengasuh pondok pesantren dapat mengikutinya dengan baik. Berkaitan dengan ini, maka di tentukan fokus penelitian 1. Bagaimana Pembiasaan Disiplin Santri di Pondok Modern Gontor 5 Rogojampi Banyuwangi. 2. Bagaimana Pengawasan Disiplin Santri di Pondok Modern Gontor 5 Rogojampi Banyuwangi 3. Bagaimana Tindak lanjut Hasil Pengawasan Disiplin Santri di Pondok Modern Gontor 5 Rogojampi Banyuwangi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembiasaan karakter disiplin santri di Gontor 5, Mendeskripsikan pengawasan pendidikan karakter santri di Gontor 5, dan untuk mendeskripsikan tindak lanjut hasil pengawasan karakter disiplin santri di Gontor 5. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu Obsevasi, interview dan dokumentasi. Data yang didapat dianalisa menggunakan metode deskriptif. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka disimpulkan, 1. Pembiasaan dilakukan dengan memperbaiki Pola Hidup Santri secara berulangulang, Peraturan-peraturan, Standart operasional pelaksanaan (SOP), dan keteladanan. 2. pengawasan disiplin santri dalam pendidikan karakter disiplin santri di Gontor 5 Banyuwangi ada lima cara yaitu: pengawasan dengan jasus; pengawasan dengan menggelar sidang (mahkamah); pengawasan denga keliling atau inspeksi; pengawasan dengan absensi; dan pengawasan evaluasi berjenjang. 3. Tindak lanjut hasil pengawasan disiplin santri dilakukan dengan tiga hal yakni: Tindak lanjut dengan penugasan; Tindak lanjut dengan pemberian hukuman; Tindak lanjut dengan cara pemantauan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:20
Last Modified: 09 Mar 2023 07:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19848

Actions (login required)

View Item View Item