Aplikasi Nilai-Nilai Akhlak Dalam Kitab Akhlakul Lil-Banin Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri Di Madrasah Diniyah Darussalam Desa Sukorejo Kec. Bangsalsari.

Nadir, Moh. Munhamir (2016) Aplikasi Nilai-Nilai Akhlak Dalam Kitab Akhlakul Lil-Banin Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri Di Madrasah Diniyah Darussalam Desa Sukorejo Kec. Bangsalsari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moh. Munhamir Nadir_084114016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan seringkali ditempatkan sebagai sesuatu yang hanya berhubungan dengan transfer of knowledge dan arena Indoktrinasi. Pendidikan hanya merupakan penyampaian materi yang hampa dari nilai-nilai spiritual dan pengamalan yang berakibat pada peserta didik dan output pendidikan itu sendiri, padahal ilmu pengetahuan itu akan lebih berbahaya jika tidak dihiasi dengan akhlak yang mulia. Pendidikan akhlak secara global mengandung dua cakupan yaitu akhlak terpuji dan akhlak tercela. Adapun konsep dan materi-materi mengenai pendidikan akhlak terpuji juga dibahas dalam kitab Akhlakul Lil-Banin karya Al-Ustadz Umar Bin Ahmad Baraja’. Dari uraian di atas betapa penting arti suatu pendidikan akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar santri di Madrasah Diniyah Darussalam Desa Sukorejo. Dari latar belakang tersebut, maka fokus penelitian dari skripsi ini adalah: Bagaimana Aplikasi nilai-nilai akhlak dalam kitab Akhlakul Lil-Banin dalam meningkatkan motivasi belajar santri di Madrasah diniyah Darussalam? dengan rumusan masalah: 1) Bagaimana Aplikasi nilai-nilai akhlak taat kepada Allah dalam Kitab Akhlakul Lil-Banin dalam meningkatkan motivasi belajar santri di madrasah diniyah Darussalam? 2) Bagaimana Aplikasi nilai-nilai akhlak berbakti kepada orang tua dalam Kitab Akhlakul Lil-Banin dalam meningkatkan motivasi belajar santri di madrasah diniyah Darussalam? 3) Bagaimana Aplikasi nilai-nilai akhlak hormat dan patuh kepada guru dalam Kitab Akhlakul Lil-Banin dalam meningkatkan motivasi belajar santri di madrasah diniyah Darussalam? Adapun tujuan penelitiannya adalah: Untuk mengetahui bagaimana aplikasi nilai-nilai akhlak dalam kitab Akhlakul Lil-Banin dalam meningkatkan motivasi belajar santri di Madrasah Diniyah Darussalam Kec. Bangsalsari. Untuk mengidentifikasikan masalah tersebut, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif. Peneliti mendapatkan data menggunakan metode kepustakaan( Library Reseach) berupa kitab Akhlakul Lil Banin, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tahap-tahap penelitian meliputi pra lapangan, pekerjaan lapangan, dan analisis data. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aplikasi nilai-nilai akhlak dalam kitab Akhlakul Lil Banin dalam meningkatkan motivasi belajar santri di Madrasah Diniyah Darussalam Desa Sukorejo adalah dorongan seorang guru dalam memberikan pembelajaran dan bimbingan kepada santrinya untuk selalu meningkatkan belajarnya dan mempunyai akhlak terpuji melalui isi yang ada dalam kitab Akhlakul Lil Banin. Dengan menerapkan isi dari kitab tersebut seorang santri juga mampu mewujudkan cita-citanya dengan selalu memiliki akhlak kepada Allah swt, akhlak kepada orangtua,dan akhlak kepada guru/ustadz. Kata kunci: Aplikasi, nilai-nilai, Kitab Akhlakul Lil Banin, motivasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0501 Ecological Applications > 050199 Ecological Applications not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:32
Last Modified: 09 Mar 2023 07:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19898

Actions (login required)

View Item View Item