Arwi, Nala Izzatul Fardana (2016) Pengaruh Kesiapan Belajar dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Nala Izzatul Fardana Arwi_084 121 325.pdf Download (24MB) |
Abstract
Kata Kunci : Kesiapan Belajar, Motivasi, Hasil Belajar Menurut teori, aspek kognitif dapat dipengaruhi oleh kesiapan belajar siswa. Kondisi siswa yang siap menerima pelajaran dari guru, akan berusaha merespon atas pertanyaan-pertanyaan yang telah diberikan oleh guru. Untuk dapat memberi jawaban yang benar tentunya siswa harus mempunyai pengetahuan dengan cara membaca dan mempelajarai materi yang akan diajarkan oleh guru. Dalam mempelajari materi tentunya siswa harus mempunyai buku pelajaran dapat berupa buku paket dari sekolah maupun buku diktat lain yang masih relevan digunakan sebagai acuan untuk belajar. Kondisi siswa yang sehat akan lebih mudah untuk menerima pelajaran dari guru. Dengan adanya kesiapan belajar, siswa akan termotivasi untuk mengoptimalkan hasil belajarnya.Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu 1) Apakah ada pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2016/2017? 2) Apakah ada pengaruh motivasi belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2016/2017? 3) Apakah ada pengaruh kesiapan belajar dan motivasi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh kesiapan belajar dan motivasi baik secara parsial maupun simultan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan jenis Field Research (penelitian lapangan). Adapun populasi dalam penelitian ini adalah 10% dari jumlah seluruh siswa SMP Negeri 1 Jember yaitu 108 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Selanjutnya menggunakan analisis Regresi Linear Berganda dengan rumus: Ŷ = a + b₁X₁ + b₂X₂+e Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Ada pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2016/2017. 2) Ada pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. 3) Ada pengaruh kesiapan belajar dan motivasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 09 Mar 2023 07:33 |
Last Modified: | 09 Mar 2023 07:33 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19911 |
Actions (login required)
View Item |