Hasanah, Uswatun (2016) Implementasi kompetensi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Man Bondowoso Semester Ganjil Tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Uswatun Hasanah_084 121 066.pdf Download (20MB) |
Abstract
Kompetensi guru merupakan kemampuan seorang guru dalam melaksanakan kewajibankewajiban secara bertanggung jawab sebagai syarat untuk dianggap mampu melaksanakan tugastugas dalam bidang pekerjaan tertentu. Guru dalam proses pembelajaran memegang peran yang sangat penting. Dengan demikian, efektifitas proses pembelajaran terletak dipundak guru. Oleh karenanya, keberhasilan suatu proses pembelajaran sangat ditentukan oleh kualitas atau kemampuan guru Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan kompetensi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MAN Bondowoso Semester Ganjil Tahun pelajaran 2016/2017? 2) Bagaimana pelaksanaan kompetensi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MAN Bondowoso Semester Ganjil Tahun pelajaran 2016/2017? 3) Bagaimana evaluasi kompetensi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MAN Bondowoso Semester Ganjil Tahun pelajaran 2016/2017?. Tujuan peneliti ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan kompetensi Guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MAN Bondowoso Semester Ganjil Tahun pelajaran 2016/2017. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan kompetensi Guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MAN Bondowoso Semester Ganjil Tahun pelajaran 2016/2017. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi kompetensi Guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MAN Bondowoso Semester Ganjil Tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus sedangkan subyek penelitiannya menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan datanya menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode, serta analisa datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan verification. Hasil penelitian ini adalah 1. Perencanaan kompetensi Guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MAN Bondowoso. diantaranya a) Perencanaan kegiatan pelatihan PTK, yang dilaksanakan dengan kegiatan (1) identifikasi masalah (2) perumusan masalah (3) jadwal rencana program (4) tindak lanjut. b) Perencanaan kegiatan guru nyantri, meliputi (1) pengopsian hasil rapat (2) penjadwalan waktu (3) penentuan anggaran. 2. Pelaksanaan kompetensi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MAN Bondowoso, diantaranya yaitu a) Pelaksanaan kegiatan PTK, Meliputi jam yang telah di tetapkan (1) 07.00 check in dan daftar ulang. (2) 07.30 Pembukaan. (3) 09.00 istirahat. (4) 09.15 (5) season I 10.45. (6) ishoma (7) 13.00 season II. (8) 14.45 istirahat. (9) 15.15 season III. b) Pelaksanaan kegiatan guru nyantri, meliputi (1) Sowan kepada kiyai (2) Sholat fardhu berjamaah (3) Tadarus al-Qur’an (4) Pengajian kitab 3 jam. 3. Evaluasi kompetensi Guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MAN Bondowoso, diantaranya 1) Evaluasi pelatihan PTK berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diinginkan. Akan tetapi ada sedikit kendala, yaitu a)Sebagian guru tidak menyetujui b) Lemahnya pemahaman konsep PTK c)Guru yang tidak menindak lanjuti ptk, d) Tidak ada pembimbing dalam pelatihan. 2) Evaluasi pada program guru nyantri berjalan sesuai apa yang di inginkan serta menindak lanjuti program guru nyantri. Meskipun sebagaian guru kurang merespon secara maksimal. Adapun kendala meliputi : a)Tidak semua guru berpartisipasi dengan adanya program guru nyantri b)masalah waktu c)masalah anggaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 10 Mar 2023 08:21 |
Last Modified: | 10 Mar 2023 08:21 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19940 |
Actions (login required)
View Item |