Lestari, Ayu (2019) Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak Melalui Permainan Lompat Tali Pada Anak Kelompok A Ra Darul Hikmah Tamansari Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ayu Lestari_T201511050.pdf Download (3MB) |
Abstract
Usia dini merupakan usia mengalami pertumbuhan dan perkembangan pesat, usia dini merupakan usia dimana preode awal yang paling penting untuk membimbing dan melatih agar menjadi manusia yang sempurna. Maka dari itu pendidiakan adalah pemberian upaya untuk membimbing dan mengasuh serta memberi kegiatan pembelajaran yang akan menhasilkan kemampuan dan keterampilan baik koginitf, motorik baik morik kasar maupun halus. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui permainan lompat tali pada anak kelompok A RA Darul Hikmah Tamansari Mumbulsari Jember tahun pelajaran 2018/2019? (2) Bagaimana upaya meningkatkan kemampuan motorik halus melalui permainan lompat tali pada anak kelompok A RA Darul Hikmah Tamansari Mumbulsari Jember tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui permainan lompat tali pada anak kelompok A RA Darul Hikmah Tamansari Mumbulsari Jember (2) Untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan kemampuan motorik halus melalui permainan lompat tali pada anak kelompok A RA Darul Hikmah Tamansari Mumbulsari Jember Adapun pendekatan yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriftif kualitatif. Sumber datanya adalah informan yang mengetahui tentang penelitian ini adalah: kepala sekolah, guru, wali murid. Teknik pengumpulan data mengggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumenter. Sedangkan analisis data menggunakan model Melles Huberman yakni reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa di RA Darul Hikmah upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia dini sangat baik terbukti dengan adanya penggunaan strategi dan metode saat mengajar sangat menyenangkan seperti bermain yang menggunakan media lompat tali, begutu juga dalam upaya meningkatkan kemampuan motorik halus bisa dikatakan baik karena dengan adanya langkah-lang yang diupayakan oleh guru sangat bervatiatif seperti memberi reward serta meberikan rangsangan agar menjadi senang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 10 Mar 2023 08:21 |
Last Modified: | 10 Mar 2023 08:21 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19947 |
Actions (login required)
View Item |