Pengaruh Media Animasi Tematik Terhadap Hasil Belajar di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah 2 Setail Genteng Banyuwangi TahunPelajaran 2019/2020.

Amalia, Annisa Rizqi (2019) Pengaruh Media Animasi Tematik Terhadap Hasil Belajar di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah 2 Setail Genteng Banyuwangi TahunPelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Annisa Rizqi Amalia_T20154028.pdf

Download (4MB)

Abstract

Guru sebagai pemimpin di dalam kelas memiliki peran penting dalam proses pembelajaran. Selama proses pembelajaran berlangsung guru harus mampu menjadi motivator dan fasilitator dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa menjadi lebih aktif dan kreatif. Pembelajaran merupakan kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruksional, untuk membuat siswa belajar secara aktif, yang menekankan pada penyediaan sumber belajar. media Animasi cocok digunakan untuk pembelajaran tematik karena media ini dapat melatih daya ingat dan keterampilan siswa dengan cara belajar sambil bermain dalam suatu kelompok. Selain itu siswa dapat meningkatkan konsentrasi dan kecepatan berpikir dengan cara mengharuskan siswa untuk menggabungkan otak kanan dan otak kiri dalam menjawab soal. Pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang dirancang berdasarkan tema-tema tertentu. Dengan rumusan masalah .1) Apakah ada perbedaan hasil belajar tematik berdasarkan penggunaan media animasi tematik sebelum dan sesudah pembelajaran di MI Salafiyah 2 Setail Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020?. 2) Apakah ada pengaruh media animasi tematik terhadap hasil belajar di MI Salafiyah 2 Setail Genteng Banyuwangi? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1.)mengetahui perbedaan hasil belajar tematik berdasarkan penggunaan media animasi tematik sebelum dan sesudah pembelajaran di MI Salafiyah 2 Setail Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020. 2.) mengetahui pengaruh media animasi tematik terhadap hasil belajar MI Salafiyah 2 setail Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara time series. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi, tes, Analisis data yang digunakan adalah uji statistik karena observasi di lakukan 2 kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Berdasarkan hasil yang di peroleh dari penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah 2 Setail Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020: hasil analisis data dan pengujian hipotesis dengan uji-t yang disajikan pada tabel 3.8, diperoleh nilaithitung = 37,392 yaitu lebih besar dari ttabel pada taraf signifikasi 5% dan db yaitu 21,89. Sehingga thitung≥ttabel(37,392≥21,89), hal tersebut berarti bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Kata kunci: Media Animasi, Pembelajaran Tematik, Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 07 AGRICULTURAL AND VETERINARY SCIENCES > 0702 Animal Production > 070299 Animal Production not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:22
Last Modified: 10 Mar 2023 08:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19951

Actions (login required)

View Item View Item