Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Penggunaan EduTech Media di SMPN 1 Jenggawah.

Humairoh, Dian (2019) Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Penggunaan EduTech Media di SMPN 1 Jenggawah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dian Humairoh_T201510020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Belajar merupakan suatu proses dari seorang individu yang berupaya mencapai tujuan belajar atau yang biasa disebut hasil belajar, merupakan bentuk perubahan perilaku yang relatif menetap. Oleh karena itu untuk mendapatkan hasil belajar yang baik dan maksimal diperlukan aktivitas yang baik dalam belajar. Aktivitas belajar yang baik dalam belajar merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh siswa dalam mencapai hasil belajar. Berdasarkan penjelasan di atas, maka fokus penelitian dalam skripsi ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan penggunaan EduTech media di SMPN 1 Jenggawah? 2) Apa saja kekurangan, kelebihan dan tantangan penggunaan EduTech media pada mata pelajaran IPA di SMPN 1 Jenggawah? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA dengan penggunaan EduTech media di SMPN 1 Jenggawah 2) untuk mendeskripsikan kekurangan, kelebihan dan tantangan penggunaan pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 1 Jenggawah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus.Subjek penelitian menggunakan teknik Purposive Sampling.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan 2 hal. Pertama, aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan penggunaan EduTech media menunjukkan hasil yang baik dengan antusias dan interaksi siswa yang bagus pada saat mengikuti pembelajaran IPA. Kedua, kekurangan EduTech media yakni: 1) muatan kurikulum masih menggunakan kurikulum 2006 (KTSP). 2) harus melakukan penyesuaian materi dengan baik. 3) pengaturan suara penjelasan materi kurang di atur dengan baik. Kelebihan EduTech media yakni: 1) aplikasi EduTech media mudah dioperasikan dengan berbagai fitur yang tersedia di dalamnya. 2) Aplikasi EduTech media bersifat interaktif sehingga memudahkan guru dalam memberikan penjelasan dan pemahaman kepada siswa. 3) Aplikasi EduTech media terbilang instan dan menjadi alternatif bagi guru disaat guru kurang banyak persiapan untuk mengajar. 4) sebagai alat bantu bagi guru dalam mengajar di saat guru harus merampungkan materi dalam waktu yang singkat. 5) aplikasi EduTech media ini terdapat link dengan kit praktikum yang ada di sekolah. Tantangan EduTech media yakni: 1) guru harus pintar dalam meramu materi yang akan disajikan kepada siswa. 2) guru dituntut untuk lebih kreatif dan memperluas wawasan tentang perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan. 3) guru harus memperluas khazanah keilmuan dengan menambah literasi dan referensi pembelajaran IPA untuk menekan adanya kemungkinan mis konsepsi materi. Keywords: EduTech media, pembelajaran IPA, interaktif, literasi dan kit praktikum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:22
Last Modified: 10 Mar 2023 08:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19959

Actions (login required)

View Item View Item