Putri, Firsta Nur Andisa (2019) Strategi True Or False (ToF) dalam Pembelajran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VII B di SMPN 2 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Firsta Nur Andisa Putri_T20151360.pdf Download (4MB) |
Abstract
True Or False (ToF) merupakan strategi yang dapat mengajak peserta didik untuk terlibat ke dalam materi pelajaran dengan segera. Proses pembelajaran ini menekankan pada pemikiran siswa sendiri terhadap hal yang benar atau hal yang salah. Pendidikan SMPN 2 Jember selalu berupaya meningkatkan kualitas pendidikannya, setiap guru di lembaga tersebut dituntut untuk selalu berinovasi dalam kegiatan pembelajaran termasuk dalam memilih strategi pembelajaran yang mampu menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif serta dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. SMPN 2 Jember menggunakan strategi True Or False dalam upaya mengaktifkan peserta didiknya dalam proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara optimal. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana Perencanaan Strategi True Or False (ToF) dalam pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) kelas VII B di SMPN 2 Jember ? 2). Bagaimana Pelakanaan Strategi True Or False (ToF) dalam pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) kelas VII B di SMPN 2 Jember ? 3). Bagaimana Evaluasi Strategi True Or false (ToF) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VII B di SMPN 2 Jember ? Metode penelitian menggunakan kualitatif Deskriptif dengan jenis penelitian field research. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kajian dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) Perencanaan pembelajaran PAI menggunakan True Or False meliputi perencanaan tujuan, materi, media, menyusun langkah-langkah, alokasi waktu, dan evaluasi pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran PAI meliputi pelaksanaan tujuan pembelajaran, pelaksanaan materi, media, langkahlangkah, alokasi waktu, dan evaluasi pembelajaran. 3)Evaluasi pembelajaran PAI menggunakan True Or false, yaitu evaluasi tujuan, penyampain materi, pengunaan media pembelajaran, penyusunan langkah-langkah strategi, alokasi waktu dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan pada akhir pembelajaran. Pada peretemuan pertama strategi True Or false yakni materi dengan ilmu pengetahuan semua menjadi mudah, Media pembelajarannya sesuai yang ditulis pada RPP (Spidol, papan tulis, laptop dan LCD, serta kertas karton berwarna), langkah-langkah strateginya yaitu 1) susunlah sebuah daftar pernyataan yang terkait materi pelajaran andayang setengahnya benar dan setengahnya salah. Tulislah pernyataan pada kartu indeks yang terpisah pastikan jumlah kartu sesuai dengan jumlah siswa yang hadir. 2) bagikan satu kartu untuk beberapa kelompok siswa katakanlah kepada siswa bahwa misi mereka adalah menentukan kartu mana yang benar (berisi pernyataan benar dan mana yang salah) jelaskan bahwa mereka bebas memilih cara apapun yang mereka inginkan dalam menyelesaikan tugas ini. 3) bila para siswa sudah selesai, perintahkan agar setiap kartu di tempel dan di baca serta memintakan pendapat siswa tentang benar atau salahkah pernyataan tersebut. 4) berikan umpan balik pada masing-masing kartu dan catat cara-cara siswa dalam bekerja sama untuk menyelesaikan tugas ini. 5) tunukkan bahwa dalam menyelesaikan tugas ini di perlukan keterampilan tim yang positif karena hal ini menunjukkan kegiatan belajar yang sifatnya akif. Adapun alokasi waktu yang digunakan adalah 2x40 menit, serta evaluasinya menggunakan evaluasi formatif dimana nantinya peserta didik mengerjakan soal pilihan ganda, esai, portofolio dan non tes.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 10 Mar 2023 08:22 |
Last Modified: | 10 Mar 2023 08:22 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19962 |
Actions (login required)
View Item |