Implementasi Metode Jibril Dalam Tahfidzul Quran Di Pondok Pesantren Asy-Syarifiy Pandanwangi – Tempeh – Lumajang

Ma'ad, Achmad Zadul (2015) Implementasi Metode Jibril Dalam Tahfidzul Quran Di Pondok Pesantren Asy-Syarifiy Pandanwangi – Tempeh – Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Achmad Zadul Ma’ad_082082010.pdf

Download (569kB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran harus terdiri dari langkah-langkah yang tersusun secara terencana dan sistematis dengan menggunakan metode dak teknis tertentu. Penggunaan metode dalam pembelajaran dimaksudkan agar pembelajaran itu dapat ditangkap, dipahami dan digunakan oleh siswa dengan baik. Penelitian tentang “IMPLEMENTASI METODE JIBRIL DALAM TAHFIDZUL QURAN DI PONDOK PESANTREN ASY-SYARIFIY PANDANWANGI – TEMPEH – LUMAJANG” ini dipandang penting dan diperlukan. Ada dua masalah yang diambil dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah pembelajaran al-Quran dengan Metode Jibril (2) dan bagaimanakah implementasi pembelajaran al-Quran melalui Metode Jibril bagi santri Pondok Pesantren Asy-Syarifiy Pandanwangi – Tempeh – Lumajang. Maka dari itu, penelitian dilaksanakan dengan rancangan deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data, digunakan metode dokumentasi, observasi, dan interview. Sedangkan analisis data, digunakan digunakan teknis analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan dan menginterpretasikan data – data yang telah didapat, sehingga akan menggambarkan realitas yang sebenarnya sesuai yang terjadi di lapangan. Hasil penelitian ini adalah : Pertama adalah tahap persiapan. Di mana pada tahap ini, seorang santri sebelum menyetorkan hafalan pada ustad, mereka melakukan persiapan.Persiapan tersebut dalam upaya membuat hafalan yang reprensif untuk distorkan pada ustadz, dan Kedua adalah tahap pelaksanaan. Dari pengamatan peneliti, tahap ini adalah tahap berlangsungnya pelaksanaan merode Jibril, di mana para santri menghafal lima ayat-lima ayat seyelah dirasa yakin maka ia menunggu secara bergantian menyetorkan hafalan langsung jepada ustadz baik tambahan atau hafalan deresan. Dan yang terakhir dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran al-Quran melalui Metode jibril bagi santri Pondok Pesantren Asy-Syarifiy Pandanwangi – Tempeh – Lumajang telah dilaksanakan dengan baik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan tambahan pengetahuan dan masukan bagi pengelola lembaga pendidikan yang berorientasi terhadap pembelajaran al-Quran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:23
Last Modified: 10 Mar 2023 08:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19981

Actions (login required)

View Item View Item