Kritik Sanad Hadis Tentang Keutamaan Ilmu Dan Ulama Di Dalam Kitab ‘Adāb Al- ‘Ālim Wa Al- Muta’allim Karya K.H.Hasyim Asy’ari (Kritik Sanad Hadits Teori Common Link G.H.A.Juynboll)

Safitri, Ana (2018) Kritik Sanad Hadis Tentang Keutamaan Ilmu Dan Ulama Di Dalam Kitab ‘Adāb Al- ‘Ālim Wa Al- Muta’allim Karya K.H.Hasyim Asy’ari (Kritik Sanad Hadits Teori Common Link G.H.A.Juynboll). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ana Safitri_082 143 020.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kitab ‘adāb al- ‘ālim wa al- muta’allim merupakan kitab yang sangat terkenal dikalangan pesantren,kitab ini banyak dijadikan sebagai acuan di dalam kegiatan pembelajaran, Namun hadis-hadis di dalam kitab ini tidak disampaikan secara mendetail mengenai sanad dan kualitas hadisnya, sehingga diperlukan adanya pengkajian ulang mengenai kualitas sanad hadis di dalam kitab tersebut. Selain itu beberapa penelitian terdahulu yang membahas mengenai kitab tersebut belum menaruh perhatian terhadap pengkajian kualitas dari sanad hadis yang ada. Padahal kualitas sanad suatu hadīts mampu menentukan apakah hadīts itu layak untuk diterima atau memang harus ditolak disamping kualitas matan hadīts tersebut. Hal ini sangat penting, mengingat kedudukan kualitas hadīts erat sekali kaitannya dengan dapat atau tidak dapatnya suatu hadīts dijadikan hujjah (dalil) agama, sehingga hal ini melatarbelakangi adanya pengakajian sanad hadis tentang keutamaan ilmu dan ulama di dalam kitab ‘adāb al- ‘ālim wa al- muta’allim karya k.h.hasyim asy’ari Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Bagaimana kualitas sanad hadīts tentang keutamaan ilmu dan ulama di dalam kitab ‘adâb al- ‘âlim wa al-muta’allim karya K.H.Hasyim Asy’ari dengan menggunakan teori Commond Link G.H.A Juynboll Jenis penelitian ini adalah kajian pustaka dengan teknik pengumpulan data metode dokumenter. Sumber data primer peneliti adalah kitab ‘adâb al-‘âlim wa al-muta’allim. Analisis data berupa analisis isi yakni dianalisis menurut isinya secara objektif dari data-data yang telah dikumpulkan, baik data primer maupun sekunder. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: dari keenam (6) hadis yang diteliti oleh peneliti hadis pertama memiliki seorang Common link yaitu Ahmad ibn Yunus sehingga hadis tersebut muali disebarkan sekitar tahun 150-227 H berdasarkan biografi dari Ahmad ibn Yunus, hadis kedua dan keenam tidak memiliki common link sehingga Mukharrij hadis dari bundle isnad yang memiliki tanggung jawab terhadap penyebaran hadis,, hadis ketiga,empat dan lima memiliki common link yaitu Rasulullah, sehingga dapat disimpulkan hadis tersebut benar-benar berasal dari Rasulullah SAW.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:24
Last Modified: 10 Mar 2023 08:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20000

Actions (login required)

View Item View Item