Hidayati, Nurfadilah (2017) Penerapan Iqro’ bil Qolam di Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Ash-Shiddiqi Puteri Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Nurfadilah Hidayati_082 122 021.pdf Download (15MB) |
Abstract
Sejauh ini, sosialisasi dalam bingkai pembelajaran Al-Qur’an baru “populer” sebatas kefasihan lisan. Meskipun ini sudah lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya, namun jika melihat eksistensi al Qur’an yang lapisan kedalamannya tidak terhingga, maka kemampuan melafadzkan al-Qur’an secara fasih saja tentu belum cukup. Ada banyak lapisan yang harus dikuak secara lebih serius. Di samping mengenali al-Qur’an di lapisan fisik (kefasihan melafadzlkan, ketepatan penulisan dan kebenaran penerjemahan) juga harus bisa tercapai. Seseorang yang sudah sampai pada kemampuan membaca al-Qur’an dengan fasih, maka juga perlu dilanjutkan dengan kemampuan menulisnya. Al-Qur’an adalah wahyu Allah yang nilainya tak terhingga, menulisnya bukanlah sekedar latihan menulis huruf, kata dan kalimat bahasa arab, tetapi lebih merupakan metode menuliskan wahyu Allah pada lembar-lembar kesadaran diri masing-masing. Salah satu metode penulisan al-Qur’an ialah Iqro’ bil Qolam Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana latar belakang penerapan Iqro’ bil Qolam di Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren ash-Shidiqi Putri jember? 2)Bagaimana penerapan metode Iqro’ bil Qolam di Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren ash-Shidiqi Putri jember? 3) Apa implikasi penerapan Iqro’ bil Qolam dalam pengembangan baca tulis al-Qur’an di Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren ash-Shidiqi Putri jember? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan bagaimana latar belakang penerapan Iqro’ bil Qolam di Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren ashShidiqi Putri jember. 2) Mendeskripsikan penerapan metode Iqro’ bil Qolam di Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren ash-Shidiqi Putri jember. 3) Mendriskipsikan implikasi penerapan Iqro’ bil Qolam dalam pengembangan baca tulis al-Qur’an di Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren ash-Shidiqi Putri jember Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis deskriptif, sedangkan subyek penelitiannya menggunakan purposive sampling, tehnik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Dari analisis tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa dalam rangka penerapan Iqro’ bil Qolam di Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren ash-Shiddiqi Puteri Jember adalah: 1) Latar belakang penerapannya bermula dari ide pengasuh Pondok Pesantren ash-Shiddiqi Puteri Jember, pengasuh melihat bahwa kemampuan siswi madrasah Aliyah dalam hal menulis huruf Arab sangat rendah 2) Guru menyuruh untuk mulai menulis, menulis huruf arab dari kanan ke kiri, menulis dengan mengikuti bentuk garis huruf arab, penulisan dari atas ke bawah, huruf yang berada di atas garis gerakannya serarah jarum jam, huruf yang berada di bawah garis gerakan menulisnya berlawanan dengan arah jarum jam, mengoreksi kebenaran tulisan, istiqomah. 3) implikasinya memiliki karakter tulisan Arab yang rapi, indah, baik dan benar, serta kemampuan membaca alQur’an sangat baik, bahkan cenderung meiliki ingatan yang kuat dan semakin baik khususnya dalam menghafal ayat-ayat al-Qur an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 10 Mar 2023 08:25 |
Last Modified: | 10 Mar 2023 08:25 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20002 |
Actions (login required)
View Item |