Handayani, Tutut (2019) Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Bermain Congklak Di Kelompok B Tk Pertiwi, Mangli, Kaliwates, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Tutut Handayani_T20155004.pdf Download (14MB) |
Abstract
Perkembangan kognitif adalah pemikirian seseorang anak yang berkembang melalui serangkai tahapan pemikiran dari masa bayi hingga masa dewasa. bermain congklak merupakan kegiatan sehari-hari yang sering dilakukan anak-anak dengan bermain congklak dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini. Permainan congklak merupakan salah satu metode bermain yang digunakan untuk pembelajaran di sekolah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dan cara memainkan congklak sangat beragam saat kegiatan pembelajaran di sekolah. Fokus penelitian adalah (1)Bagaimana peningkatan kemampuan kognitif anak usia dini dalam berfikir kritis melalui bermain congklak? (2) Bagaimana peningkatan kemampuan kognitif anak usia dini dalam berfikir logis melalui bermain congklak? (3) Bagaimana peningkatan kemampuan kognitif anak usia dini dalam berfikir simbolik melalui bermain congklak? Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kemampuan kognitif anak usia dini dalam berfikir kritis melalui bermain congklak. (2) Mendeskripsikan kemampuan kognitif anak usia dini dalam berfikir logis melalui bermain congklak. (3) Mendeskripsikan kemampuan kognitif anak usia dini dalam berfikir simbolik melalui bermain congklak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orangorang dan prilaku yang di amati. Dalam penentuan subyek data penelitian ini menggunakan purposive sampling, adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian yaitu (1) Peningkatan kemampuan kognitif anak usia dini dalam berfikir kritis melalui bermain congklak di TK Pertiwi Mangli guru menjelaskan permainan congklak, cara bermain congklak dan peraturan bermain congklak, anak dapat menyelesaikan bermain congklak dengan beberapa putaran dan menghitung biji congklak yang telah di dapat dalam rumah congklak. Anak dapat bermain congklak, menghitung biji congklak, dan memasukkan biji congklak ke setiap lubang, anak dapat membandingkang biji congklak yang banyak dan sedikit. (2) Peningkatan kemampuan kognitif anak usia dini dalam berfikir logismelalui bermain congklak di TK Pertiwi Mangli dengan guru menjelaskan bermacam-macam cara bermain congklak, menjelaskan perbedaan panjang pendek biji congklak, warna biji congklak dan bentuk biji congklak, mengelompokkan warna biji congklak, mencocokkan angka dengan jumblah biji congklak, mengenalkan pola ABCD-ABCD dengan biji congklak, mengurutkan biji congklak yang paling terkecil sampai paling banya. (3) Peningkatan kognitif anak usia dini dalam berfikir simbolik melalui bermain congklak di TK Pertiwi Mangli, dengan guru menjelaskan lambang bilangan angka dan huruf dengan bermain congklak, menyusun huruf dengan lambang bilangan melalui biji congklak, menghitung penjumlahan dan pengurangan dengan biji congklak, menghitung biji congklak di masing-masing lubang. Menyebutkan lambang bilangan 1-10 menggunakan biji congklak untuk mengitung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 10 Mar 2023 08:26 |
Last Modified: | 10 Mar 2023 08:26 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20024 |
Actions (login required)
View Item |