Pengembangan Herbarium Book Tumbuhan Paku Sebagai media pembelajaran materi klasifikasi makhluk hidup

ikbal, mohammadikbal (2023) Pengembangan Herbarium Book Tumbuhan Paku Sebagai media pembelajaran materi klasifikasi makhluk hidup. Undergraduate thesis, UIN KHAS KIAI HAJI ACHAMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI MOHAMMAD IKBAL watermark.pdf

Download (6MB)

Abstract

Dalam pembelajaran IPA ialah salah satu yang erat kaitannya dengan
alam sekitar. Memanfaatkan lingkungan dapat membantu untuk meningkatkan
mutu pembelajaran dalam proses pembelajaran. Faktor pendukung proses
pembelajaran yang efektif dan efisien saat ini ialah penggunaan media di dalam
proses pembelajaran. Salah satu bentuk media pembelajaran berbasis area
lingkungan sekolah yaitu dengan teknik pengawetan tumbuhan atau herbarium.
Herbarium ialah media pembelajaran yang memanfaatkan potensi alam berupa
spesimen asli dari tumbuhan.Herbarium book dapat dijadikan sebagai media
pembelajaran yang valid dengan menampilkan contoh spesimen yang
kongkrit,praktis dibawa, serta memudahkan guru untuk menciptakan suasana
kelas yang menyenangkan serta memberikan pengalaman belajar/ praktik yang
nyata kepada siswa.
Tujuan dalam penelitian ini adalah:1) Untuk mengetahui validitas
pengembangan herbarium book tumbuhan paku sebagai media materi klasifikasi
makhluk hidup siswa kelas VII di SMP Islam Nurul Khalil Bondowoso.2) Untuk
mengetahui respons siswa terhadap pengembangan dari herbarium book
tumbuhan paku sebagai media materi klasifikasi makhluk hidup.
Jenis Penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (research) and
development) model pengembangan yang digunakan adalah model
pengembangan menurut Sugiyono yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Yang
digunakan peneliti hanya 6 langkah yaitu 1.Potensi dan permasalahan ,
2.Mengumpulkan data, 3. Desain Produk, 4. Validasi Desain, 5. Revisi Desain, 6.
Uji Coba Produk, Data yang diperoleh yaitu berupa Data kualitatif dan
kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil hasil validator media,validator
materi,pendidik mata pelajaran IPA dan peserta didik. Sedangkan data Kualitatif
diperoleh dari hasil kritik dan saran validator dan pengguna.
Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukan sebagai berikut:
Berdasarkan uji validitas materi dan media didapatkan hasil dari. ahli madia
adalah 95% dengan kategori sangat baik. ahli materi adalah 80% dengan kategori
sangat baik, dan pendidik mata pelajaran IPA adalah 81% dengan kategori sangat
baik (2) berdasrkan respon peserta didik adalah 85,4% dengan kategori sangat
baik untuk digunakan dalam pembelajaran atau praktik IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060799 Plant Biology not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: T201810041 Mohammad ikbal Ikbal
Date Deposited: 13 Mar 2023 08:27
Last Modified: 13 Mar 2023 08:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20051

Actions (login required)

View Item View Item