Analisis Strategi Bisnis dalam Pengembangan Usaha di UD. Salama Gordyn Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember

Bachtiyar, AchmadIrfan (2017) Analisis Strategi Bisnis dalam Pengembangan Usaha di UD. Salama Gordyn Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AchmadIrfan Bachtiyar_083 134 156.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci : Strategi Bisnis dalam Pengembangan Usaha Dalam dunia bisnis, setiap perusahaan tentunya ingin berlomba-lomba untuk dapat mempertahankan usahanya dan mampu bersaing dengan pesaing lainnya serta memenangkan persaingan tersebut. Dengan strategi bisnis yang dilakukan oleh para pelaku usaha diharapkan mampu berdampak baik dalam upaya pengembangan usaha. Begitupun dengan UD. Salama Gordyn yang bergerak dibidang Dekorasi dan telah memiliki satu cabang usaha serta memiiliki 7 karyawan yang terbagi 6 di pusat dan satu cabang usaha. Usaha ini selama kurun waktu tujuh tahun omsetnyamencapai + Rp. 2.500.000.000 dengan hitungan omset pertahun Rp. 500.000.000. Fokus masalah yang diteliti: 1. Bagaimanakah strategi keunggulan biaya dilakukan sebagai upaya dalam pengembangan usaha UD. Salama Gordyn? 2. Bagaimanakah strategi diferensiasi dilakukan sebagai upaya dalam pengembangan usaha UD. Salama Gordyn? 3. Bagaimanakah strategi fokus dilakukan sebagai upaya dalam pengembangan usaha UD. Salama Gordyn? Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1. Untuk mendeskripsikan strategi keunggulan biaya dilakukan sebagai upaya pengembangan usaha UD. Salama Gordyn di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. 2. Untukmendeskripsikan strategi Diferensiasi yang dilakukan sebagai upaya pengembangan usaha UD. Salama Gordyn di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. 3. Untukmendeskripsikanstrategi fokus yang dilakukan sebagai upaya pengembanganusahaUD. Salama Gordyn di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif. Jenis penelitian menggunakan studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data meliputi, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Keabsahan data yang digunakan adalah dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam upaya pengembangan usahanya UD. Salama menggunakan tiga strategi bisnis, yaitu 1). Startegi keunggulan biaya dengan menjadi usaha yang biayanya lebih rendah dari para kompetitor lainnya. 2). Startegi diferensiasinya memiliki ciri khas, karakterisitk produk dan teknologi dalam proses produksi yang lengkap dari pada pesaing lainnya. 3). Strategi fokus yang lebih memusatkan segmen lini kepada rumahrumah warga dan perumahan-perumahan dengan pembagian dua focus wilayah yaitu focus segementasi pasar kelas menengah ke atas dan kelas menengah ke bawah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:48
Last Modified: 14 Mar 2023 08:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20142

Actions (login required)

View Item View Item