Sari, Dewi Nurmala (2017) Analisis Pelayanan Jasa Tour And Travel Perspektif Etika Bisnis Islam Di CV. Arsal Wisata Nusantara Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Dewi Nurmala Sari_083 134 082.pdf Download (4MB) |
Abstract
Dalam usaha jasa, konsumen dihadapkan dengan pemberi jasa yang mutu jasanya kurang begitu pasti dan lebih bervariasi dibandingkan dengan produk barang. Hasil akhir jasa ini akan dipengaruhi tidak saja oleh pemberi jasa tetapi juga dengan seluruh proses produksi di ruang belakang yang mau tidak mau sangat berbeda karena lebih padat karya. Dengan semakin meningkatnya persaingan dibidang jasa, perlu dipikirkan cara untuk memasarkan jasa tersebut. Kemampuan suatu perusahaan untuk menarik dan mempertahankan konsumen atau pengguna jasa adalah bukan saja dari penawaran produk itu sendiri, tetapi juga dari pelayanan yang diberikan kepada konsumen atau pengguna jasa. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelayanan jasa tour and travel di CV. Arsal Wisata Nusantara kabupaten Jember; 2) Apa saja faktor pendukung pelayanan jasa tour and travel di CV. Arsal Wisata Nusantara kabupaten Jember; 3) Apa saja faktor penghambat pelayanan jasa tour and travel di CV. Arsal Wisata Nusantara kabupaten Jember?. Tujuan umum penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan pelayanan jasa tour and travel di CV. Arsal Wisata Nusantara kabupaten Jember; 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung pelayanan jasa tour and travel di CV. Arsal Wisata Nusantara kabupaten Jember;3) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat pelayanan jasa tour and travel di CV. Arsal Wisata Nusantara kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan: data reduction, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Adapun temuan penelitian ini yaitu: (1), Pelayanan jasa tour and travel di CV. Arsal Wisata Nusantara kabupaten Jember selalu berupaya untuk memberikan keramahan, kejujuran, dan tanggung jawab serta memprioritaskan etika Islam kepada pelanggan. Selain itu, perusahaan sangat mempertimbangkan aspek-aspek pelayanan prima yaitu reability, tangiable, responsiveness, Assurance, dan Empathy dalam praktek pelayanan jasa. (2), Faktor pendukung dalam pelayanan jasa tour and travel di CV. Arsal Wisata Nusantara kabupaten Jember ditemukan bahwa:a) bisnis biro perjalanan terbilang masih merintis; b) adanya kerjasama yang baik antara karyawan dengan karyawan; c) adanya kerjasama dengan instansi yang lain; d)banyak pelanggan; e) sikap karyawan perusahaan dalam melayani pelanggannya.(3) faktor penghambat dalam pelayanan jasa tour and travel di CV. Arsal Wisata Nusantara kabupaten Jember ditemukan bahwa: a) terdapat fasilitas yang terkadang tidak sesuai; b) terdapat konsumen yang membatalkan pemesanan; c) kendaraan yang tidak sesuai dengan kesepakatan awal; d) jadwal yang terlambat; e) faktor teknis; f) perusahaan masih belum memilki website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150604 Tourism Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 14 Mar 2023 08:50 |
Last Modified: | 14 Mar 2023 08:50 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20167 |
Actions (login required)
View Item |